Guru Diminta Tingkatkan Keterampilan di Masa Pandemi

Nasional | republika | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:45
Guru Diminta Tingkatkan Keterampilan di Masa Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 500 guru dari SD, SMP, SMA, dan SMK se-Jawa Barat mengikuti Program Peningkatan Kompetensi yang digelar Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana dan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat pada 9-15 Agustus 2021. Ratusan guru itu pun diminta meningkatkan wawasan dan keterampilannya di masa pandemi Covid-19.

Guru-guru harus tetap meningkatkan wawasan, keterampilan, dan kompetensinya. Terlebih lagi kondisi saat PPKM Darurat, menyebabkan sekolah wajib sepenuhnya diselenggarakan secara daring, ujar Dekan Fakultas Psikologi Mercubuana Jakarta, Setiawati Intan Savitri dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id , Rabu (11/8).

Menurut dia, pembelajaran daring membutuhkan kiat-kiat dan cara-cara kreatif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), sehingga siswa bisa tetap terlibat penuh dalam pembelajaran dan tetap berprestasi. Sehingga peningkatan kompetensi guru harus tetap dilaksanakan. Universitas Mercubuana dalam hal ini Fakultas Psikologi berjanji mendukung terus kompetensi guru, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, kata dia.

Dia pun menyambut baik permohonan kerja sama dari P2KPTK2 tersebut dengan menggunakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM), yang merupakan kewajiban para dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Sementara itu, Kepala pusat P2KPTK2 Jakarta Barat, Riza Al-Manfaluthi menjelaskan, pada dasarnya P2KPTK2 memiliki salah tugas dan fungsi meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik, yang merupakan program rutin berdasarkan APBD Pemprov DKI.

Namun, menurut dia, pada masa Pandemi Covid-19, anggaran peningkatan kompetensi pendidik harus difokuskan pada kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19. Sehingga kita berupaya tetap menjalankan program itu dengan menggandeng universitas, di antaranya adalah Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta, kata dia.

Tema yang diusung dalam pelatihan daring kali ini adalah Peningkatan Kompetensi Pendidikan Karakter. Program peningkatan kompetensi guru ini menghadirkan beberapa narasumber dari Universitas Mercubuana. Kegiatan ini diharapkan bisa tetap berlangsung untuk memajukan kualitas pendidikan Indonesia.

Artikel Asli