Fitur Baru Spotify, Padukan Konten Musik dak Berita di Satu Playlist

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:44
Fitur Baru Spotify, Padukan Konten Musik dak Berita di Satu Playlist

JawaPos.com Beberapa tahun ke belakang, hadirnya platform streaming musik di Tanah Air semakin diterima masyarakat. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya pemain yang muncul misalnya Joox, Spotify, YouTube Music dan platform sejenis lainnya.

Sengitnya kompetisi pasar di kategori hiburan ini menuntut masing-masing platform untuk memberikan yang terbaik. Mulai dari kekuatan promosi, harga yang ditawarkan sampai fitur yang ada benar-benar perlu diperhatikan agar bisa memikat konsumen.

Yang terbaru, ada Spotify misalnya. Salah satu penyedia aplikasi streaming musik itu baru-baru ini merilis fitur anyar. Spotify memperkenalkan Teman Perjalananmu (Daily Drive), playlist on-demand musik dan podcast bagi masyarakat Indonesia.

Fitur ini diklaim dirancang untuk memberi informasi dan hiburan dengan rekomendasi yang dibuat khusus untuk setiap pengguna dalam satu waktu. Playlist ini menggabungkan musik yang disukai pengguna dengan berita singkat dari sumber terpercaya di satu tempat.

Pengalaman mendengarkan terbaru yang dipersonalisasi ini mencakup hadirnya update berita singkat terkini. Informasi yang mungkin pendengar butuhkan dari sumber berita terpercaya kini hadir untuk pengguna Spotify dengan menggandeng beberapa mitra media.

Selain itu, pembaruan fitur ini juga mencakup rekomendasi musik yang dipersonalisasi: Playlist personalisasi terbaik Spotify (seperti On Repeat, Daily Mix, Your Top Songs, Time Capsule) dalam satu pengalaman mendengarkan sehingga pendengar bisa menikmati berbagai lagu kesukaan mereka di sela-sela segmen berita.

Pengalaman mendengarkan yang mulus, terpadu, dan terbaru juga hadir. Playlist yang dipersonalisasi ini diperbaharui terus-menerus untuk tetap memastikan pilihan musik yang pendengar dengarkan selalu fresh, dan berita yang disajikan tetap up-to-date.

Kebutuhan untuk mendengar konten-konten hiburan terus tumbuh di masa-masa yang penuh tantangan ini dan berusaha mengikuti kabar atau berita terbaru yang terjadi di sekitar kita menjadi semakin penting, kata Spotify Head of Studio for Southeast Asia Carl Zuzarte melalui keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, fitur Teman Perjalananmu dapat menjadi teman yang sempurna sepanjang hari karena para pendengar dapat menikmati playlist personalisasi yang dikombinasi antara rekomendasi musik dan update berita terbaru.

Semua ini dapat dilakukan berkat algoritma yang unik oleh Spotify dan tim ahli yang berdedikasi di balik playlist ini, lanjut dia.

Teman Perjalananmu tersedia di Spotify mulai dari 28 Juli 2021. Para pengguna dapat mengakses fitur terbaru ini melalui tab Your Library, kemudian menuju tab Made For You. Pengguna juga dapat mencari fitur ini pada bagian Your Daily Mixes dan playlist personalisasi lainnya di aplikasi.

Artikel Asli