Tridharma Perguruan Tinggi, UBSI Tingkatkan Kualitas Dosen

Nasional | republika | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:20
Tridharma Perguruan Tinggi, UBSI Tingkatkan Kualitas Dosen

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Tridharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban dosen yang harus dijalankan, yaitu berupa pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kewajiban tersebut, dapat ditunjang dengan kegiatan seperti keikutsertaan dosen di bidang akademik maupun non-akademik, termasuk sebagai peserta dan panitia.

Sehubungan dengan perkuliahan semester genap 2020/2021 yang telah usai dilaksanakan, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal telah memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi. Menurut staf LPPM Universitas BSI kampus Tegal, Rousyati, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi. Maka pada bidang pengajaran, penerapan pembelajaran masih dilakukan secara daring.

E-learning tidak menjadi kendala dosen maupun mahasiswa karena Universitas BSI telah mempunyai aplikasi MyBest untuk pembelajaran e-learning yang mudah diakses, ujar Rousyati, Selasa (10/8).

Rousyati mengatakan, untuk bidang penelitian telah dilakukan dosen dengan membuat penelitian baik jurnal Nasional dan Internasional, prosiding, HKI, dan buku ajar. Salah satu penelitian yang telah dilakukan yaitu 2nd International Conference on Advanced Information Scientific Development (ICAISD) 2021 yang telah usai dilaksanakan pada 5-6 Agustus lalu, pungkasnya.

Kemudian, bidang pengabdian masyarakat juga telah selesai dijalankan dengan melakukan pengabdian ke beberapa daerah dan lembaga pendidikan di wilayah Tegal. Salah satu pengabdian yang telah dilakukan yaitu seminar tren teknologi di era pandemi pada Pondok Pesantren Riyadus Sholihin, paparnya.

Ia mengungkapkan, bahwa pada semester ini 100 persen dosen Universitas BSI kampus Tegal aktif melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan telah melaporkannya pada aplikasi MySimliz. Pada semester ini, Universitas BSI kampus Tegal telah selesai melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan LPPM telah memverifikasi, 100 persen penyelesaian input laporan BKD, terangnya.

Ia menyebutkan, tidak ada yang menemui kendala atau halangan yang berarti. Sebab ini akan jadi salah satu penilaian kondite para dosen.

Artikel Asli