98 Nakes Puskesmas Cipayung Sudah Sisuntik Vaksin Booster

Nasional | republika | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:21
98 Nakes Puskesmas Cipayung Sudah Sisuntik Vaksin Booster

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 98 tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Cipayung, Jakarta Timur, telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, Rini Muharni, mengatakan jumlah itu baru awal penyuntikan vaksin booster untuk nakes di Kecamatan Cipayung.

"Untuk awal ada 98 orang. Penyuntikannya di hari Jumat tanggal 6 Agustus 2021 lalu," kata Rini di Jakarta, Rabu (11/8). Para nakes yang disuntik vaksin dosis ketigam sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan, meliputi tensi darah hingga riwayat pernah terpapar Covid-19 dalam tiga bulan terakhir.

Dia mengatakan, pemberian dosis ketiga dengan vaksin Moderna itu bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh nakes yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19. Rencananya Puskesmas Cipayung masih melakukan penyuntikan vaksin ketiga untuk nakes pada Jumat (13/8).

"Untuk vaksinasi selanjutnya hari Jumat tanggal 13 Agustus 2021 sebanyak 98 orang," ujar Rini. Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menegaskan, vaksinasi dosis ketiga hanya diberikan kepada nakes maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua.

Kementerian Kesehatan menegaskan, peruntukan booster tidak untuk khalayak umum. Hal itu mengingat keterbatasan pasokan vaksin dan juga masih ada lebih dari 160 juta penduduk sasaran vaksinasi yang belum mendapatkan suntikan.

"Diperkirakan jumlahnya ada sekitar 1,5 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Artikel Asli