Jika Hendak Dibuka, Warga di Kawasan Obyek Wisata Guci Butuh Percepatan Vaksin

Nasional | radartegal | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:28
Jika Hendak Dibuka, Warga di Kawasan Obyek Wisata Guci Butuh Percepatan Vaksin

Masyarakat di kawasan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal harus secepatnya divaksin.

Pemkab Tegal wajib memprioritaskan vaksinasi massal di wilayah tersebut agar mereka memiliki kartu vaksin.

Hal ini seperti dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Tegal M. Khuzaeni, Rabu (11/8). Menurutnya, Pemkab Tegal harus memprioritaskan
vaksin untuk warga, karyawan dan pengelola wisata di Obyek Wisata Guci.

Percepatan vaksinasi bagi warga, karyawan dan pengelola Guci ini tujuannya agar obyek wisata yang menjadi ikon Kabupaten Tegal itu bisa dibuka kembali. Sebab, Guci ditutup sejak pemberlakuan PPKM Darurat pada 3 Juli 2021. Kondisi itu membuat warga sekitar Guci kehilangan pendapatan.

"Bahkan, pemuda setempat membuat dapur umum untuk membantu warga yang terdampak PPKM tersebut," katanya.

Kondisinya sangat memprihatinkan, tambah Khuzaeni, karena sebagian warga mengandalkan dari obyek wisata tersebut.

Jika warga, karyawan dan pengelola Guci sudah divaksin minimal 70 persen, maka potensi penyebaran Covid-19 di wisata Guci bisa diminimalisir. Pengunjung Guci juga wajib menggunakan kartu vaksin saat masuk obyek wisata tersebut. Kondisi itu dinilai sebagai solusi untuk mengatasi dampak penutupan Guci.

"Banyak warga Guci pinjam uang di bank yang masih dikejar-kejar setoran. Mending kalau banknya memberikan keringanan. Mereka stres kalau pinjamnya setingkat BPR," tambahnya.

Dirinya selalu mengikuti perkembangan, lanjut Khuzaeni, terutama jika terkait dampak ditutupnya tempat pariwisata yang belum kunjung dibuka karena perpanjangan PPKM. Namun, pihaknya juga mendengar dan melihat kabar dari media ternyata banyak tempat wisata dibuka, dengan protokol ketat yang mensyaratkan vaksinasi bagi warga, karyawan, pengelola dan pengunjung.

Dirinya memohon kepada bupati dan para anggota DPR RI yang dari dapil Tegal khususnya yang sedang duduk di komisi yang membidangi kesehatan untuk bisa membantu warga Guci untuk diprioritaskan vaksinasi. (guh/ima)

Artikel Asli