Pemkot Tangerang Mulai Sasar Vaksinasi Covid Ibu Hamil

Nasional | inewsid | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:37
Pemkot Tangerang Mulai Sasar Vaksinasi Covid Ibu Hamil

TANGERANG, iNews.id - Pemerintah Kota Tangerang mulai menyiapkan program vaksinasi Covid-19 untuk kelompok ibu hamil. Saat ini sudah terdata sekitar 3.000 ibu hamil yang sudah siap divaksin.

Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah karena Dinas Kesehatan Kota Tangerang masih terus melakukan pendataan.

"Tapi, jumlah ibu hamil kemungkinan akan bertambah, sesuai persyaratannya. Kita masih menunggu informasi arahnya dari Dinas Kesehatan provinsi dan Kemenkes. Kalau surat edaran sudah ada, tinggal kita lakukan," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Dini Anggraeni, Rabu (11/8/2021).

Hingga saat ini, Dinkes kota Tangerang masih terus melakukan sosialisasi kepada ibu hami agar siap untuk diberikan vaksin Covid-19. Proses vaksinasi juga aka dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah disediakan, agar program vaksinasi ibu hamil bisa terkontrol.

"Sejauh ini kita masih dalam tahap sosialisasi kepada ibu hamil, suami dan keluarganya. Karena vaksinasi bagi ibu hamil kan risiko tinggi," katanya.

Selain itu, tidak semua ibu hamil bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum diizinkan mendapatkan vaksin, yaitu tidak memiliki penyakit komorbid dan usia kandungan harus di atas dari 13 Minggu.

"Karena ibu hamil kan resiko tinggi dalam pemberian vaksin. Syaratnya sendiri, ibu hamil yang bisa di vaksin harus tidak punya penyakit komorbid dan yang terpenting usia kandungannya harus di atas 13 minggu," katanya.

Artikel Asli