Hadiri HUT Ke- 41 Desa Matotonan, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet Harapkan Hal Ini

Nasional | minangkabaunews.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:07
Hadiri HUT Ke- 41 Desa Matotonan, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet Harapkan Hal Ini

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet berserta rombongan, sebagaimana layaknya tradisi setempat, di sambut dengan Turuk Laggai ciri khas Kepulauan Mentawai, saat menghadiri kegiatan memperingati HUT Ke- 41 Desa Matotonan Kecamatan Siberut Selatan, Selasa (10/08/2021).

Di hadapan panitia dan masyarakat, dalam sambutannya, Yudas Sabaggalet mengucapkan selamat kepada Desa Matotonan yang sudah berusia 41 tahun.

Dikatakan bupati, pesta adat-budaya ini hanya ada di Desa Matotonan, dan tidak dimiliki desa lain di Mentawai, maka dari itu harus di pertahankan jangan sampai hilang, sebut Yudas Sabaggalet.

Kita sangat bangga sekali, Desa Matotonan yang sudah menginjak usia 41, semakin mengedukasi dengan menjaga tradisi adat budaya Mentawai, ujar bupati.

Untuk itu, ia berharap tradisi itu selalu dipertahankan oleh Desa Matotonan, sehingga ke depan hasilnya bisa bernilai ekonomi untuk masyarakatnya.

Perkembangan budaya Mentawai juga perlu kita angkat hingga bernilai menjadi kekuatan, politik, ekonomi dan hukum, kata Yudas.

Di sela-sela menghadiri acara HUT Ke- 41 Desa Matotonan Bupati dan rombongan juga menyempatkan diri untuk melakukan sejumlah peninjauan pembangunan. Terkait kebutuhan pendidikan serta tempat wisata budaya di Desa Matotonan.

Yudas Sabaggalet didampingi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan bidang pendidikan, wisata dan budaya, seperti Kepala Dinas Pendidikan Oreste Sakeru, serta Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai Jhoni Anwar turut menyaksikan acara kegiatan dan melihat kemajuan pembangunan di Desa setempat.

Mudah mudahan kepala OPD dapat melihat langsung kondisi di lapangan, serta potensi-potensi yang harus dikembangkan dapat di realisasikan, harap Yudas.

Sementara ketua panitia pelaksana Kristinus Basir menyebutkan, kegiatan Hari Jadi Desa Matotonan yang ke-41 berjalan dengan mematuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan ketat, guna mencegah dan menghindari penyebaran Covid-19, ujarnya.

Dan Kegiatan ini juga turut di hadari oleh Camat Siberut Selatan dan staf, Pj Kepala Desa Muara Siberut serta beberapa tamu dari Trisakti Jakarta, sebutnya.

Di ketahui, Desa Matotonan yang berada jauh di tengah pedalaman Siberut ini sudah di pimpin oleh 15 orang Kepala Desa. Terdiri dari 10 Kepala Desa defenitif, dan 5 orang pejabat sementara (pj). Sebelumnya Desa Matotonan, disebut Rereiket Hulu dan lambat laun nama tersebut menjadi Desa Matotonan yang sekarang ini. (Tirman/da.)

Artikel Asli