Pejabat Tidak Boleh Nempil Lho…

Nasional | radarjogja | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:58
Pejabat Tidak Boleh Nempil Lho…

RADAR JOGJA Vaksin Moderna atau vaksin booster ketiga diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) siap disuntikkan mulai Agustus ini. Pemkot Jogja telah menerima sejumlah 8.400 dosis sejak Selasa (9/8).

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) mengatakan, jumlah nakes yang berhak menerima vaksin booster ketiga Moderna ini sudah terdaftar secara basis data pusat maupun Pemprov DIJ. Dan, hanya diperuntukkan bagi nakes. Sehingga, dilarang ada upaya dari pejabat tertentu untuk meminta fasilitas vaksin Moderna.

Kami akan koordinasikan nanti. Tolong dipahami, Moderna hanya untuk nakes, hormati itu. Jangan ada yang nempil atau pejabat meminta Moderna untuk dirinya sendiri, katanya kemarin (10/8).

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Jogja Lana Unwanah mengatakan, penyuntikkan kepada nakes dijadwalkan mulai bulan ini. Vaksin dosis ketiga ini akan menyasar kepada 12 ribu nakes di kota ini.

Mulai bulan ini sudah disuntikkan ke nakes. Saat ini ada 8.400 dosis yang disuntikkan untuk satu kali, kata Lana. Ia menjelaskan jumlah dosis itu dimungkinkan akan bertambah mengingat jumlah nakes yang disasar menerima dosis ketiga tidak sedikit. Dinkes akan memantau jumlah nakes yang sudah menerima vaksin Moderna.

Terkait pelaksanannya akan dilakukan di sejumlah rumah sakit, puskesmas serta klinik di mana nakes bertugas. Hal ini untuk memudahkan pendistribusian vaksin. Datanya sudah ada, nanti menyesuaikan di mana nakes bertugas. Yang jelas, Agustus ini kami segera lakukan, tambahnya. (wia/laz)

Artikel Asli