Dari Istana Jenderal Kopassus Ini Ditugaskan ke Tanah Pasundan, Pimpin Kodam Legendaris

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:55
Dari Istana Jenderal Kopassus Ini Ditugaskan ke Tanah Pasundan, Pimpin Kodam Legendaris

JAKARTA - Dari Istana, jenderal Kopassus ini ditugaskan ke tanah Pasundan. Di Tanah Pasundan, ia diberi mandat baru untuk memimpin salah satu Kodam legendaris di negeri ini. Kodam legendaris itu adalah Kodam Siliwangi.

Siapa jenderal Kopassus yang ditugaskan memimpin Kodam Siliwangi, salah satu Kodam legendaris di Indonesia? Dia tidak lain adalahMayjen Agus Subiyanto.

Mayjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Jabatan Danpaspampres, kini dipegang yuniornya sama-sama dari Kopassus, Brigjen Tri Budi Utomo yang sebelumnya menjabat sebagai Wadanjen Kopassus.

Mayjen Agus sendiri jadi Pangdam Siliwangi menggantikan seniornya, Mayjen Nugroho Budi Wiryanto. Yang menarik, Mayjen Nugroho yang digantikannya sama-sama dari Kopassus. Ya, Mayjen Nugroho yang akan menempati posisi barunya sebagai Irjenad ini berasal dari Korps Baret Merah (Kopassus).

Siapa Mayjen Agus Subiyanto, eks Danpaspampres yang kini ditugaskan jadi orang nomor satu di Kodam legendaris Kodam Siliwangi ini? Sang jenderal lahir dj Bajang, Talun, Blitar, Jawa Timur. Ia lahir pada 5 Agustus 1967.

Mayjen Agus merupakan perwira baret merah. Ia tercatat sebagai Abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dari kecabangan infanteri. Di Kopassus, Mayjen Agus pernah menjadi Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus dan Kepala Penerangan Kopassus. Jabatan lainnya yang pernah dipegang adalah Komandan Kodim 0735/Surakarta.

Agus jadi pernah memegang jabatan Komandan Kodim 0735/Surakarta pada tahun 2009. Selanjutnya, usai menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta, jenderal baret merah kelahiran Blitar ini dapat penugasan baru, ditarik ke Kostrad. Di satuan pasukan pemukul terbesar TNI AD ini, Agus di beri mandat untuk memegang posisi Wakil Asisten Operasi Divisi 2/Kostrad.

Tahun 2014, Agus tercatat menjadi Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan. Selanjutnya menjadi Dosen Madya Seskoad. Pada tahun 2017, Agus dipercaya menjadi Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) II/Sriwijaya.

Lalu jadi Komandan Korem 132/Tadulako pada tahun 2017. Tahun 2018, Agus menjadi Pamen Denma Mabes TNI. Setelah itu ditugaskan menjadi Wadanpussenif Kodiklatad pada tahun 2019. Pada tahun 2020, Agus dipercaya untuk memangku jabatan Komandan Korem 061/Suryakancana. Di tahun yang sama, Agus ditarik ke Istana untuk memegang posisi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Bintangnya pun bertambah dari satu jadi dua alias jadi jenderal bintang dua (Mayjen).

Kini, Agus dapat penugasan baru. Oleh Panglima TNI, Agus dipercaya memegang tongkat komando sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi menggantikan seniornya di Kopassus, Mayjen Nugroho Budi Wiryanto yang digeser menjadi Irjenad.

Artikel Asli