Mantan Komandan Sat Gultor Kopassus Resmi Menjadi Orang Nomor Satu di Paspampres

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:08
Mantan Komandan Sat Gultor Kopassus Resmi Menjadi Orang Nomor Satu di Paspampres

JAKARTA - Mantan Komandan Sat 81 Gultor Kopassus resmi menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Danpaspampres. Mantan Komandan Gultor Kopassus yang baru saja didapuk menjadi Danpaspampres adalah Brigjen Tri Budi Utomo.

Mengutip keterangan tertulis Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto pada hari Selasa (10/8) bertempat di Aula Gatot Soebroto Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) dan Pangkogabwilhan III serta Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

"Berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, digantikan oleh Laksda TNI Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat Asrena Kasal," kata Kolonel Edys dalam keterangannya yang diterima Koran Jakarta , Rabu (11/8).

Sementara Pangkogabwilhan III Letjen TNI Agus Rohman digantikan oleh Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang sebelumnya menjabat Pangdam XVI/Pattimura.Jabatan Danpaspampres diserahterimakan dari Mayjen TNI Agus Subiyanto kepada Brigjen TNI Tri Budi Utomo yang sebelumnya menjabat sebagai Wadanjen Kopassus.

Siapa Brigjen Tri Budi Utomo? Brigjen Tri Budi Utomo merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1994 dari kecabangan infanteri (Kopassus). Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 6 Februari 1971. Semasa dinasnya, Brigjen Tri pernah jadi ajudan Presiden Jokowi.

Brigjen Tri, adalah perwira didikan Kopassus. Ia perwira anti teror, sebab pernah berdinas di Sat 81 Gultor Kopassus. Bahkan, di satuan yang disebut paling elit di Kopassus ini, Brigjen Tri pernah menjadi Komandan Batalyon 811 Aksus Sat 81 Kopassus.

Jenderal baret merah kelahiran Solo ini di Komandan Batalyon 811 Aksus Sat 81 Kopassus dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2012. Setelah itu pada tahun 2012, ia diangkat menjadi Komandan Kodim 0410 Kota Bandar Lampung. Ia jadiDandim Kota Bandar Lampung hingga tahun 2013.

Tahun 2013, Brigjen Tri Budi Utomo kembali ditarik ke Kopassus untuk memegang posisi Asisten Personil Danjen Kopassus yang dijabatnya dari tahun 2015 hingga tahun 2016. Kemudian pada tahun 2016, Brigjen Tri Budi Utomo dipercaya menjadi Komandan Satuan 81 Gultor Kopassus. Ia jadi komandan Gultor Kopassus dari tahun 2016 sampai dengan 2017.

Pada tahun 2018, ia ditugaskan ke Istana untuk memegang posisi Komandan Grup A Paspampres yang dipegangnya sampai tahun 2019. Setelah itu, Brigjen Tri Budi Utomo dapat penugasan baru sebagai Komandan Korem 052 Wijayakrama. Ia jadi Danrem 052 Wijayakrama sampai tahun 2020. Usai menjabat Danrem, jenderal Kopassus kelahiran Surakarta ini kembali balik kandang ke Kopassus.

Di Korps Baret Merah, ia diberi mandat menjadi Wadanjen Kopassus, mendampingi Danjen Kopassus, Mayjen Mohammad Hasan. Kini di tahun 2021 ini, mantan Komandan Sat Gultor Kopassus ini dipromosikan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Danpaspampres menggantikan Mayjen Agus Subiyanto yang dipromosikan menjadi Pangdam Siliwangi.

Artikel Asli