Viral kisah `Tuyul ATM` bantuan PKH, bikin miris

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:46
Viral kisah `Tuyul ATM` bantuan PKH, bikin miris

Brilio.net - Saat masa pandemi seperti ini banyak orang yang mengalami kesusahan untuk bertahan hidup. Dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang sudah satu tahun lebih ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Baik itu menjadi korban PHK maupun usahanya yang terdampak.

Untuk bertahan hidup, sebagian orang bahkan harus mengandalkan bantuan dari pemerintah . Salah satu bantuan pemerintah bagi rakyat kecil yakni Program Keluarga Harapan (PKH).

Mengenai bantuan PKH, baru-baru ini viral di media sosial Twitter kisah tentang 'Tuyul ATM'. Kisah ini mengungkap bantuan PKH tetangga yang selalu lenyap setiap bulan saat dititipkan ke saudaranya. Cerita yang merahasiakan identitas sebenarnya dari subjek utama ini dibagikan oleh akun Twitter @SeputarTetangga pada Selasa (10/8).

foto: Twitter/@SeputarTetangga

"Malu sendiri bacanya," tulis @SeputarTetangga sebagai keterangan Twitter seperti yang dilansir brilio.net , Rabu (11/8).

Akun ini membagikan tangkapan layar kisah tersebut. Seorang ibu dengan 3 orang anak diceritakan mendapat bantuan PKH setiap bulan dari pemerintah. Bantuan ini berupa sembako dan uang tunai. Namun, ibu tersebut tidak bisa menggunakan ATM untuk menerima bantuan uang PKH.

Karena itu, sang ibu menitipkan bantuan uang tersebut ke ATM saudaranya. Ia tidak bisa meminta bantuan suaminya karena sang suami bekerja di luar kota.

Awalnya, saudara selalu memberikan uang bantuan itu tanpa masalah. Hal ini terjadi saat dua bulan pertama, di mana bantuan uang selalu diterima sang ibu melalui saudaranya.

"2 bulan pertama aman, selalu ada."

Namun, masalah mulai muncul di bulan-bulan selanjutnya. Uang bantuan tidak pernah lagi sampai ke tangan ibu tersebut. Saat ibu itu menanyakan, saudaranya selalu menjawab uang belum masuk ke ATM miliknya. Situasi ini terus berlangsung sampai 5 bulan ke depan.

"Nah bulan-bulan berikutnya tiap habis nitip, pasti itu saudaranya bilang, 'Belum masuk kayaknya. Gak ada!' Udah hampir 4-5 bulan belakangan ini."

Sang ibu pun mengira ia memang tidak mendapatkan jatah uang lagi, dan hanya sembako. Ia juga sudah pasrah dan tidak mempermasalahkan lagi.

"Ibu-ibu ini gak pernah mempermasalahkan. Mungkin emang beliau gak dapet uang PKH dan cuma dapet sembako."

Kendati demikian, ibu ini tetap bertanya ke panitia PKH mengenai bantuan uang tunai. Tak disangka, panitia menjawab selama ini uang bantuan sudah dikirim ke sang ibu sebagai penerima PKH.

"Kemarin beliau tanya deh ke panitia PKH. Ternyata beliau masih dapat dan uangnya masuk selama 5 bulan ke belakang ini. Jadi entah hilang kemana."

Ibu ini pun menyadari bantuan tunai lenyap setelah sampai di ATM saudaranya.

"Dear manusia. Kita sama-sama lagi butuh yang namanya uang. Toh bilang aja kalau butuh banget mau minjem atau gimana, kalau bisa bantu pasti dibantu gitu loh."

Kisah miris itu langsung ramai dikomentari warganet. Mereka menulis beragam hujatan mengenai saudara ibu tersebut, karena diduga melahap uang yang bukan menjadi haknya.

"Tolong nder kamu ajarin buibu nya biar bisa pake ATM biar ga dijahatin orang lagi," tulis @larassdwwi.

"Kasih tau tetanggamu aja nder. Kalau sembakonya ga keluar, duit juga ga keluar. Begitu jg sebaliknya. Kalau ada salah satu yg ga keluar sgr lapor ke satgaskin. Bapakku satgaskin. Alhamdulillah warganya ga ada kasus yg sampe kaya gini krn Bapakku udah ngarahin kalau mau ambil duit ataupun sembako atm dan kertas pin dibawa. Dateng ke agen bilang mau ambil duit. Jangan nitip ke orang lain. Pokoknya masalah duit jangan percaya sama orang lain," saran dari @ansksf.

"Ky tetanggaku.
Mamaku wktu itu gbisa ngambil lgsg ke atm,krna ada urusan. Trs sm tetangga ditawarin "sini sekalian tak ambilin" karena mmaku lg repot ya diiyain lah,eh pas sampe uangny cm setengah,katanya cm dpt segitu.
Pas besoknya tanya ke panitia ktnya jumlahnya g segitu," tulis akun @gxxxsa.

"Tetangga gatau diri emg," balas akun @patahahtiter.

"Jahat banget sih, mana itu saudara trus tetangga lagi," balas @jihoontinkerbel.

Artikel Asli