Ini Makna Logo HUT ke-76 RI

Nasional | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:34
Ini Makna Logo HUT ke-76 RI

JAKARTA - Enam hari lagi, peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia atau HUT ke-76 RI akan digelar. Logo dan tema peringatan HUT ke-76 RI pun telah resmi diumumkan pemerintah melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.

Kepada semua jajaran pemerintah pusat dan daerah, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan tema dan logo Peringatan HUT ke-76 RI itu melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 itu bisa diunduh di situs resmi Sekretariat Negara.

Makna logo Peringatan 76 Tahun RI ini yakni bentuk angka 7 diasosiasikan sebagai bagian dari tiang pancang infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk tersebut menggambarkan kepala Garuda yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Kemudian, bentuk angka 6 diasosiasikan sebagai orang dan roda yang sedang bergerak terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Selanjutnya, ada bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6 yang diasosiasikan sebagai ruang yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Bentuk lingkaran pada angka 6 adalah pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Sehingga, ada empat makna logo secara umum, yakni stabilitas dan pembangunan, gerak dan pertumbuhan, ruang kebersamaan dan persatuan dan harapan.

Artikel Asli