Satgas Covid-19 Luwu Targetkan 90 Persen Warga di 4 Desa Prioritas Divaksinasi

Nasional | bukamatanews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:35
Satgas Covid-19 Luwu Targetkan 90 Persen Warga di 4 Desa Prioritas Divaksinasi

LUWU,BUKAMATA - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu memiliki strategi baru dalam penanganan covid-19. Dengan memilih 4 desa Prioritas dengan target vaksinasi 90 persen untuk mencapai herd immunity di masyarakat.

Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto S.I.K.MH selalu Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Luwu didampingi PJU Polres Luwu, Kadis Kesehatan Kabupaten Luwu dr. Rosnawari M.Tr, Adm. Kepala BPBD Kabupaten Luwu Rahman Mandaria meninjau gelaran program vaksinasi di Desa Prioritas di wilayah Kabupaten Luwu, Selasa (10/8/2021).

Kunjungannya tersebut untuk memastikan target vaksinasi 90 persen terhadap warga di 4 desa prioritas dapat tercapai.

4 desa prioritas vaksinasi tersebut, diantaranya Desa Batu Lappa, Desa Malela, Desa Tabaja dan Kelurahan Larompong,

Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto S.I.K.MH selalu Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kab Luwu dalam kunjungannya menyampaikan bahwa kita memilih desa ini karena di desa ini masyarakatnya punya mobilitas tinggi, pusat perekonomian dan banyak terpapar

"Kita mendapatkan Vaksin dari Provinsi sebanyak 900 vaksin, cukup untuk 9000 orang dan kita langsung distribusi ke 4 desa prioritas,"katanya.

Menurutnya, Satgas telah membuat contoh di 4 desa di Kabupaten Luwu dengan mengupayakan 90 persen warga divaksinasi dengan cara vaksinator datang ke desa untuk mempermudah dan mendekatkan masyarakat yang akan divaksin.

Hal itu merupakan bagian dari upaya pelayanan kepada masyarakat yang diharapkan nantinya bisa menjadi desa percontohan.

Fajar melanjutkan, kegiatan vaksinasi melibatkan Polsek, Koramil, Camat dan perangkatnya, perangkat desa/kelurahan untuk membantu para vaksinator dalam mendatangkan masyarakat ke tempat pelaksanaan vaksin.

"Alhamdulillah pada kunjungan tadi, antusias masyarakat cukup tinggi, ditandai dengan antrian dan para tokoh masyarakat yang datang ke tempat vaksin," ucap Fajar.

Ia menambahkan bahwa dalam rangka Percepatan vaksin diharapkan kesiapan dari team tenaga kesehatan, vaksinator di bagi zonasi dan Satgas covid melakukan kordinasi dengan Kades, dan memberikan edukasi bagi warganya yang menjadi sasaran vaksin sehingga pencapaiannya dapat efektif sehingga desa lainnya dapat menerapkan hal serupa.

"Terhadap masyarakat yang menolak untuk melakukan vaksin agar dibuatkan surat pernyataan alasan menolak menerima vaksin,"Tegas Fajar .

Rencananya satgas Covid-19 Luwu akan melanjutkan kunjungannya ke desa Batu Lappa, yang juga menjadi desa prioritas Vaksinasi pada kamis mendatang.

Artikel Asli