Jangan Panik, Begini 6 Tips Atasi Sesak Napas Akibat Covid-19

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:10
Jangan Panik, Begini 6 Tips Atasi Sesak Napas Akibat Covid-19

apahabar.com, JAKARTA Kementerian Kesehatan menyebut sesak napas menjadi salah satu gejala umum yang dihadapi penderita Covid-19. Sesak napas terjadi karena virus telah menginfeksi paru-paru.

Jika mengalami tanda-tanda sesak napas terutama saat isolasi mandiri, jangan panik. Ada sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sesak napas.

1. Mengukur saturasi oksigen

Keluarga atau pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri perlu memiliki alat pengukur kadar saturasi oksigen atau pulse oximetry. Cek saturasi oksigen penderita Covid-19. Apabila pasien memiliki saturasi kurang dari 90, maka harus segera diberi bantuan oksigen.

2. Tidur tengkurap

Cobalah tidur dengan posisi tengkurap. Lakukan kegiatan ini selama 30 menit atau satu jam secara berulang-ulang. Tujuannya agar distribusi oksigen di dalam paru-paru lebih merata.

3. Tidur miring ke kanan

Kalau tidak sanggup tidur tengkurap, pasien Covid-19 dapat mencoba tidur miring ke kanan atau ke kiri. Taruh bantal di bagian kepala dan pinggang, serta menjepit bantal di antara paha. Posisi ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki oksigenasi di dalam paru.

4. Duduk dengan disangga bantal

Posisi badan duduk yang disanggah dengan bantal atau tidur setengah duduk. Bantal bisa ditumpuk sampai dengan tiga bantal. Lakukan kegiatan ini selama 30 menit.

5. Pakai tabung oksigen

Jika cara-cara tersebut masih belum berhasil mengembalikan saturasi oksigen, maka pasien harus mengupayakan untuk menggunakan tabung oksigen.
6. Segera rujuk ke rumah sakit terdekat

Jika cara-cara di atas tak manjur, segera bawa pasien covid-19 untuk dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat. Jangan terlambat melakukan penanganan lebih lanjut jika kondisi memburuk.

Artikel Asli