Dukung Program Petani Milenial, Jababeka Sediakan 2 Hektare Lahan

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:38
Dukung Program Petani Milenial, Jababeka Sediakan 2 Hektare Lahan

Sektor pertanian tercatat menjadi sektor terbesar ketiga yang menyumbang perputaran roda ekonomi di Jawa Barat. Sektor pertanian juga menjadi salah satu bidang yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Melihat kondisi itu Pemerintah Jawa Barat merilis program Petani Milenial, pada bulan Maret lalu. Diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tujuan program ini untuk mengurangi angka pengangguran yang jumlahnya meningkat akibat pandemi dan juga mendukung program ketahanan pangan.

PT Jababeka Tbkselakupengelola Kawasan Industri Jababeka, mendukung program tersebut dengan menyediakan lahan untuk bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar Kawasan Industri Jababeka, khususnya masyarakat yang terdampak pandemi. Ada puluhan lahan tersebut seluas 2 hektaredan berlokasi di Botanical Garden Jababeka.

Edwi Fahendriialah satu diantara petani milenial yang merasakan sekali manfaat dari penyediaan lahan dari Kawasan Industri Jababeka. Pria yang tinggal di Serang Baru ini mencoba ikut bertani bersama teman-teman di dekat rumah, setelahdirumahkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Edwi bersama teman-temannya menanam bawang merah sejak Juni lalu di atas lahan 2600 hektar dengan proyeksi panen perdana di 17-18 Agustus. Total hasil panen, bisa mencapai 4-5 ton yang nantinya akan dijual ke wilayah sekitar Kawasan Industri Jababeka melalui pasar tradisional dan lain-lain.

Edwi pun amat senang sekaligus berterima kasih kepada PT Jababeka karena diberikan menggali ilmu dan kesempatan untuk menggarap lahan untuk bertani. Dia berharap, Pemda ikut mengakomodir pemasarannya agar lebih mudah menjualnya.

Karena apapun yang sudah kami tanam, tapi kalau tidak bisa kami jual, akan sangat disayangkan," harap Edwi.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengapresiasiPT Jababekadalam penyediaan lahan untuk meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Bekasi. Ia bahkan, menyempatkan diri langsung meninjau lahan pertanian yang dijadikan para Petani Milenial bertani.

Menurut Dani, hadirnya Botanical Garden yang menjadi wadah bagi para petani milenial ialah oase di tengah padang pasir bagi masyarakat Kabupaten bekasi yang harus didukung agar menginspirasi semua pihak.

Saya berikan apresiasi kepada Jababeka yang telah menyediakan lahan tidur yang tadinya belum dikembangkan menjadi lahan tanam untuk petani milenial, ujar Dani.

Hyanto Wihadhiselaku salah satuDirektur PT Jababeka, mengapresiasi dukungan langsung Dani Ramdan terhadap penggarapan lahan pertanian di Botanical Garden oleh para Petani Milenia. Ia mengaku, sudah berdiskusi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, khususnya Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bekasi terkait peningkatan lahan supaya bisa menghasilkan.

Pasalnya, dalam pembangunan Kawasan Industri Jababeka memiliki lahan yang belum ter-developedan pihak Jababeka ada kerja sama dengan masyarakat supaya bisa dimanfaatkan. Di mana selama ini masih secara alami saja, dan kami berharap dengan hadirnya Pemkab Bekasi bisa membantu peningkatan hasil produksi dari lahan-lahan yang dikelola masyarakat.

"Tujuannya, agar bisa memberikan manfaat sekaligus membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi rumah tangga supaya bisa diserap oleh pabrikan dan produsen yang lain," tutup Hyanto. [ DIT ]

Artikel Asli