Memanjakan Mata, Jadi Trek Gowes Luna Maya

Nasional | radarjogja | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 08:51
Memanjakan Mata, Jadi Trek Gowes Luna Maya

RADAR JOGJA Wilayah persawahan di Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo memiliki daya tarik banyak orang. Bahkan artis ibu kota sekelas Luna Maya pun sempat tertarik dengan keindahan hijaunya pemandangan sawah di wilayah itu dan menjadikannya sebagai jalur bersepeda. Kini, jalan aspal ini pun terkenal dengan Jalur Luna Maya.

IWAN NURWANTO, Kulonprogo, Radar Jogja

Udara segar begitu terasa ketika melewati jalanan aspal yang berada di Kapanewon Nanggulan ini. Hamparan sawah dan perbukitan juga memanjakan mata ketika dipandang. Tak salah pesohor Luna Maya juga tertarik datang ke sini.

Tahun 2020 lalu, Luna Maya sempat menjadikan jalanan di Nanggulan sebagai lokasinya untuk bersepeda. Hal itu juga dibuktikan dengan unggahan di sosial medianya, serta beberapa jepretan warganet yang kebetulan bertemu dengan wanita kelahiran Bali itu ketika bergowes ria.

Keindahan jalanan aspal di Nanggulan yang lebih dikenal oleh para goweser sebagai Jalur Luna Maya itu memang tak bisa dipungkiri. Setelah kedatangan artis ibu kota itu, jalanan aspal yang bersanding dengan saluran irigasi sawah serta persawahan itu pun ramai dikunjungi goweser dari berbagai daerah. Bahkan setiap akhir pekan, jalur ini juga selalu ramai pesepeda dari berbagai kalangan.

Selain memiliki indahnya pemandangan sawah, wilayah persawahan Nanggulan juga memiliki daya tarik spot-spot kuliner yang patut dikunjungi. Misalnya Geblek Pari, Geblek Menoreh View, Kopi Ampirono, Kopi Ingkar Janji, Dadap Sumilir, Teraloka, dan masih banyak lagi.

Pengembangan wilayah persawahan Nanggulan, sebelumnya sempat digaungkan oleh Pemkab Kulonprogo. Kepala Dinas Pariwisata Joko Mursito menyampaikan, salah satu daerah di Nanggulan yakni Bulak Sawah Padukuhan Pronosutan sedang dikembangkan menjadi salah satu wisata yang mirip Ubud di Bali.

Ia mengungkap, potensi wisata di wilayah Pronosutan juga terbilang cukup tinggi. Selain Luna Maya, Al dan Dul juga pernah berkunjung di lokasi ini untuk ber-selfie. Sebelumnya, Gubernur Hamengku Buwono X juga pernah berkunjung ke lokasi itu dan meminta agar bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata dan di-branding Ubud van Jogja.

Lebih lanjut Joko menyampaikan, dengan adanya pemanfaatan lahan di wilayah Pronosutan sebagai destinasi wisata, diharapkan ke depan dapat menggerakkan perekonomian di wilayah itu. Terlebih, animo publik sangat tinggi untuk menikmati beberapa spot kuliner yang mulai banyak bermunculan di sana.
Hal-hal itu kami jadikan pemicu untuk pengembangan wilayah Pronosutan. Tentunya kami juga terus melakukan promosi, terang Joko. (laz)

Artikel Asli