Beras Bansos Tak Layak Makan, Purnawirawan Jenderal Bintang Tiga Ini Minta Maaf

Nasional | radartegal | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 08:40
Beras Bansos Tak Layak Makan, Purnawirawan Jenderal Bintang Tiga Ini Minta Maaf

Perum Bulog dipercaya sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendistribusikan bantuan sosial berupa beras sebayak 10 Kg untuk 28,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di tengah pelaksanaan PPKM.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikanpihaknya akan memberikan pelayanan maksimal dalam setiap penyaluran Program Bantuan Beras PPKM.

"Kami berjuang agar pelaksanannya berjalan baik, lancar, tepat kualitas dan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," kata Buwas dalam keterangannya, Selasa (10/8).

Menyusul insiden yang terjadi di beberapa daerah mengenai adanya warga yang sempat menerima beras tidak layak konsumsi. Bulog sudah merespons dengan cepat dan menetapkan langkah-langkah penyelesaian dengan menarik dan menggantinya dengan beras berkualitas baik sesegera mungkin.

"Tidak ada niatan dari Perum Bulog sama sekali untuk mengecewakan warga penerima bantuan beras PPKM. Sama sekali tidak pernah terlintas," ujarnya.

"Kalaupun ada warga yang sempat menerima beras yang betul-betul berasal dari Bulog dengan kondisi tidak layak, Perum Bulogmeminta maaf dengan setulusnya. Kami bekerja betul-betul untuk membantu rakyat dan tidak ada kepentingan yang lain. Titik," sambungnya.

Buwas mengaskan Bulog berfokus pada solusi untuk menyelesaiakan masalah. Beras yang rusak segera diganti dengan beras baru dan berkualitas baik.

Budi Waseso juga menyatakanBulog terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait dengan program bantuan beras PPKM, mulai dari Kementerian Sosial selaku pemberi tugas, PT Pos Indonesia, selaku transporter, pemerintah daerah, aparat kepolisian dan TNI, termasuk juga Satgas Pangan.

Pengawasan luar dan dalam dan kerjasama terus ditingkatkan termasuk upaya menekan faktor-faktor yang berada di luar kendali manusia seperti cuaca maupun potensi kejahataan lainnya. Tim lapangan kami selalu berupaya merespon cepat semua insiden yang terjadi dan melakukan pergatian beras dalam 1x24 jam," tuturnya.

Adapun realisasi penyaluran Bantuan Beras PPKM untuk tahap I kepada 2 juta Keluarga Penerima Manfaat ini sudah hampir mencapai 100 persen di seluruh Indonesia.

"Sebagian besar Kabupaten/Kota sudah rampung mendistribusikan dan sisanya diperkirakan 1-2 hari ini akan selesai semuanya," pungkasnya. (der/zul/fin)

Artikel Asli