Pahami Aturan Lalu Lintas Ganjil Genap Jakarta

Nasional | inilah.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:50
Pahami Aturan Lalu Lintas Ganjil Genap Jakarta

Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mengumumkan akan menerapkan kembali kebijakan pembatasan mobilitas warga dengan sistem ganjil-genap alias gage bagi kendaraan roda empat.

Kebijakan yang akan berlaku pada 12-16 Agustus 2021 di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diterapkan di delapan ruas jalan.

Lebih lanjut, kebijakan ganjil-genap tertulis dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Coronavirus Disease 2020. Peraturan Gubernur (Pergub) tersebut mengatur beberapa poin yang mencakup kebijakan ganjil genap, mobilitas kendaraan pribadi, kendaraan angkutan umum massal, hingga layanan transportasi daring.

Dikutip dari smartcity.jakarta.go.id beberapa poin aturan ganjil genap dari Pergub yang perlu diketahui,yaitu mekanisme kebijakan ini yaitu kendaraan dengan plat nomor belakang ganjil beroperasi di tanggal ganjil, dan nomor genap beroperasi di tanggal genap. Kebijakan tidak berlaku bagi sepeda motor, mobil aparatur pemerintahan, mobil angkutan umum, pemadam kebakaran, kendaraan dinas (termasuk plat CD) dan angkutan barang dengan dispensasi khusus.

Delapan titik lokasi penerapan kebijakan ganjil-genap adalah di Jalan MH Thamrin, Jenderal Sudirman, dan Gatot Subroto, yang merupakan ruas jalan yang dulunya menjadi lokasi penerapan 3 in 1.

Saat ini, kebijakan ganjil genap hanya menyasar kendaraan roda empat, berlaku dengan satu termin, yakni pukul 06.00-20.00. Jika evaluasi kendaraan menunjukkan volume kendaraan belum bisa ditekan, kebijakan ganjil genap akan diberlakukan sepanjang hari. Tak tertutup

Artikel Asli