Fakta Lain Terkait Jakarta Akan Tenggelam

Nasional | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:25
Fakta Lain Terkait Jakarta Akan Tenggelam

JAKATRTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memprediksi Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun mendatang. Soal itu, Kepala Laboratorium Geodesi ITB, Heri Andreas, menyampaikan dari sisi lain, buka dari permukaan tanah, tapi terkait suhu bumi.

Ia mengatakan, menurut data dari NASA, rata-rata suhu bumi di setiap wilayah mengalami kenaikan, yakni sekitar 2 derajat celsius.

"Jadi memang saat ini kita sedang dihadapkan fakta-fakta, di mana suhu muka bumi itu rata rata mengalami kenaikan," katanya dalam seminar virtual yang digelar Alumni ITB bertajuk 'Jakarta Tenggelam', Selasa 10 Agustus 2021.

Kenaikan suhu bumi itu, kata dia, memang berdampak kepada cairnya es. Kemudian air lelehan dari es itu akan mengalir ke sumber air lainnya, sehingga nantinya akan menambah volume air laut.

Akan tetapi jika melihat apa yang dikatakan Biden, untuk wilayah laut Indonesia nilainya kecil. Hanya 6ml rata-rata pertahun, kurang dari 1 cm saja. Oleh karenanya prediksi Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi, harus ada fakta-fakta lainnya yang memperkuat statement tersebut.

Heri mengatakan, memang ada fakta lainnya yang menepis kalau Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi. Fakta yang dimaksud yaitu adanya penurunan tekanan tanah, di mana tiap tahunnya kurang dari 10 cm.

"Tapi jangan senang dulu. Perlambatan bisa terjadi percepatan, tergantung upaya-upaya yang dilakukan," terangnya.

Karena itu, dengan adanya fakta ini, Indonesia khususnya Jakarta dapat membuat peta yang bisa membaca situasi ke depannya. Terlebih mempersiapkan, apabila suhu laut di wilayah Tanah Air sewaktu-waktu volumenya naik.

Artikel Asli