Tiga Rumah Hangus Terbakar di Karang Anyar Balikpapan, Pemadaman Terkendala Kerumunan

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:08
Tiga Rumah Hangus Terbakar di Karang Anyar Balikpapan, Pemadaman Terkendala Kerumunan

apahabar.com, BALIKPAPAN Peristiwa kebakaran yang terjadi di Karang Anyar, RT 60 Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat pada Selasa (10/8) menghanguskan tiga rumah hangus terbakar dan dua rumah lainnya terdampak.

Proses pemadaman cukup sulit lantaran akses menuju lokasi kejadian sangat sempit dan hanya ada satu jalur saja. Sehingga unit pemadam kebakaran sulit untuk manuver agar bisa mengisi ulang air.

Kendala yang dihadapi itu akses hanya satu arah saja. Kemudian suplai airnya juga terhambat karena kesulitan manuver kendaraan. Jadi kendaraan yang di belakang tugasnya menyuplai air kendaraan yang di depan, ujar Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno di lokasi kejadian.

Selain kendala akses jalan yang sempit dan hanya satu arah, kendala lain yang dihadapi petugas ialah kerumunan warga di lokasi kejadian. Nyaris unit pemadam kebakaran kesulitan melakukan manuver lantaran banyaknya warga yang menonton.

Lalu warga yang datang terlalu banyak sehingga kendaraan terganggu untuk manuver, ujarnya.

Meski begitu api berhasil dikuasai petugas. Yakni sedikitnya 10 unit pemadam kebakaran milik BPBD diturunkan, dibantu dari unit lain. Suseno mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran.

Api pertama kali terlihat dari rumah yang dua lantai. Penyebabnya belum diketahui, biar dari kepolisian yang menindaklanjuti, tuturnya.

Sementara itu Camat Balikpapan Barat, Arif Fadillah mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Kota Balikpapan untuk jenis bantuan apa yang akan diberikan. Saat ini pihaknya masih akan melakukan pendataan terlebih dahulu.

Setelah ini kita lakukan inventarisasi warga terdampak melalui petugas dari lurah maupun PSM. Lalu kami akan koordinasi dengan Dinsos dan BPBD untuk bantuan apa yang nanti diberikan, ungkapnya.

Artikel Asli