Apa Arti Persentase

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:00
Apa Arti Persentase

Pemerintah merilis catatan pertumbuhan ekonomi. Katanya, angka tersebut merepresentasi prestasi Pemerintah selamat dari resesi. Benarkah angka pertumbuhan dengan nilai persentase seperti dihebohkan.

Bila benar, tentu tidak mudah meraih itu. Pandemi yang diperparah jadi resesi telah membuat Indonesia karut marut. Semula tidak minus saja sudah bagus. Tapi ini lumayan, katanya bertumbuh.

Angka pertumbuhan seperti diberitakan itu sebaiknya dilihat dari dekat terlebih dirasakan warga. Sebab, bila asal merilis saja membahayakan. Bila ternyata tidak sesuai kenyataan bisa dikenakan pasal penipuan.

Artinya telah terjadi kebohongan publik. Rakyat bisa menggunakan gugatan. Mesti dilakukan audit lapangan. Jangan sungkan-sungkan mengoreksi bila ternyata salah hitung.

Alat ukur pertumbuhan ekonomi itu sejatinya mesti berhubungan langsung dengan masyarakat bawah. Seberapa tinggi angka bila tak dirasakan rakyat percuma. Pertumbuhan mesti berbanding lurus dengan kehidupan rakyat lebih baik.

Angka pertumbuhan yang positif dirasakan betul oleh rakyat: lebih sejahtera, lebih mudah menjalankan usaha, harga-harga terjangkau, dan bentuk-bentuk peningkatan kesejahteraan lainnya. Ini namanya ekonomi bertumbuh.

Perpanjangan PPKM telah memperdalam keresahan. Pesimisme. Di mana-mana terdengar teriakan penolakan perpanjangan. Tapi sepertinya 'anjing menggonggong kafilah berlalu.' Kalau sudah begini, tidak jelas mana anjing dan mana kafilahnya.

Artikel Asli