5 Tips nyaman dan aman naik bus selama PPKM

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 03:40
5 Tips nyaman dan aman naik bus selama PPKM

Brilio.net - Pemerintah kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk terus menekan laju penularan Covid-19. Sampai saat ini aktivitas masyarakat masih dibatasi.

Nah dengan masih diterapkannya PPKM, maka aturan naik kendaraan umum pun menyesuaikan dengan situasi terkini. Ini berarti bagi kamu yang ingin naik bus selama PPKM, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan nyaman dan selamat sampai tujuan.

Tapi tenang saja, agen tiket bus yang beroperasi sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat kok. Jadi kamu nggak perlu khawatir selama naik bus. Namun agar perjalanan kamu bebas drama dan tetap aman, berikut tips naik bus selama PPKM yang perlu diperhatikan.

1. Perhatikan aturan yang berlaku

bus.com

Ketahui syarat naik bus sesuai regulasi terbaru yang berlaku. Untuk memudahkan, kamu bisa memeriksa syarat terbarunya secara berkala melalui Safe Travel di Traveloka. Dengan mengetahui syarat nak bus jarak jauh selama PPKM, maka kamu bisa menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan sehingga jika diperiksa nantinya sudah lengkap. Perjalanan kamu pun menjadi lancar.

2. Beli tiket bus secara online

Traveloka.com

Jika sudah memiliki rencana naik bus selama masa PPKM ini, maka segera beli tiketnya secara online. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket bus karena adanya pembatasan kapasitas bus untuk jaga jarak. Tak perlu bingung, bisa beli tiket bus online melalui lifestyle superapp Traveloka yang akan memudahkan kamu untuk pesan tiket perjalanan.

Jangan khawatir, PO bus yang tergabung di Traveloka menjamin keamanan dan juga kenyamanan bepergian saat PPKM dengan menerapkan prokes ketat terhadap kebersihan armada maupun staf hingga juru mudi.

3. Lakukan rapid test antigen sehari sebelum berangkat

Traveloka.com

Jika sudah punya tiket dan tanggal berangkat yang pasti, selanjutnya adalah melakukan rapid test antigen sehari sebelum jadwal keberangkatan. Saat ini ada banyak tempat dan klinik yang mengadakan rapid test dengan harga relatif terjangkau.

Proses rapid test ini juga tidak lama dan hasilnya bisa ditunggu sekitar 1 jam. Dengan begitu kamu sudah punya dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan jauh naik bus.

4. Bawa barang wajib bepergian selama pandemi

bus.com

Selain masker dan cadangannya serta hand sanitizer, ada barang lain yang juga harus kamu bawa dari rumah. Contohnya saja botol minum sendiri, obat-obatan darurat, camilan untuk di jalan dan juga peralatan ibadah sendiri.

Kamu bisa mengemas barang-barang tersebut ke dalam tas kecil yang akan dipakai naik bus, bukan tas yang disimpan di bagasi. Dengan begitu mudah dicari jika dibutuhkan.

5. Tiba lebih awal dan pakai APD standar

Traveloka.com

Di hari keberangkatan, ada baiknya kamu tiba di terminal lebih cepat dari jam berangkat. Pasalnya akan ada pemeriksaan surat-surat oleh petugas yang tentunya akan membutuhkan waktu.

Selain itu pakai juga APD (alat pelindung diri) standar, yaitu double masker (masker medis yang dilapis dengan masker kain), bawa juga masker cadangan, hand sanitizer, tisu basah antiseptik serta cairan desinfektan baju dan permukaan.

Itulah tips yang bisa dijadikan referensi jika kamu ingin naik bus jarak jauh di masa PPKM ini. Jika memang harus berangkat dan tidak bisa ditunda hingga PPKM selesai, maka pastikan kamu mengetahui aturan terbaru naik kendaraan umum saat ini. Selain itu, pastikan kondisi tubuh tetap fit sebelum dan sesudah melakukan perjalanan. Jangan juga lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin di mana saja ya!

Artikel Asli