Ini Wajib Dilakukan Bila Alami Reaksi KIPI Usai Vaksinasi

Nasional | republika | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 01:34
Ini Wajib Dilakukan Bila Alami Reaksi KIPI Usai Vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pernah mendengar istilah KIPI? KIPI adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, yaitu adalah gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi/imunisasi yang diduga terkait dengan vaksinasi/imunisasi yang diberikan.

Umumnya KIPI bersifat sementara dan ringan, serta akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Hanya saja, Satgas Covid-19 berbagi tips bila anda mengalami KIPI setelah menerima vaksinasi, berikut langkah-langkahnya:

1. Jika tubuh bereaksi, tetap tenang.

2. Reaksi nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan sering kali terjadi. Bila mulai terasa tidak nyaman dapat diatasi dengan kompres dengan air dingin.

3. Reaksi lainnya adalah demam. Jika demam dapat mengompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat

4. Rasa nyeri dan demam tidak hilang maka minum obat bila perlu.

5. Mengalami reaksi KIPI yang berat, catat dengan detail dan segera laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, atau pada kontak yang tertera pada kartu vaksinasi.

6. Anda juga bisa melaporkan KIPI gejala berat ke situs web pelaporan KIPI di https://keamananvaksin.kemkes.go.id.

"Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin" Satgas Penanganan Covid-19

Sumber: Covid19.go.id pengolah: Ichsan Emrald Alamsyah

Artikel Asli