5 Makanan olahan nabati pengganti daging untuk vegan, lezat & sehat

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 00:40
5 Makanan olahan nabati pengganti daging untuk vegan, lezat & sehat

Brilio.net - Saat ini kampanye hidup sehat sudah mulai digaungkan. Di tengah-tengah banyaknya makanan siap saji, baik fast food atau junk food, ada sebagian orang yang memilih makanan yang bersumber dari sayur-sayuran, buah-buahan, atau bahan makanan yang tidak mengandung daging. Mereka biasa disebut dengan vegan atau vegetarian.

Sebelum melangkah lebih jauh kamu harus tahu apa perbedaan antara vegan dan vegetarian. Vegan adalah adalah gaya hidup di mana seseorang hanya mengonsumsi makanan yang berbahan dasar dari tumbuhan dan tidak mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari hewani, seperti daging berserta susu dan telur. Sedangkan vegetarian adalah pola hidup seseorang yang hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi daging, namun masih bisa mengonsumsi susu dan telur.

Jika dibayangkan cukup susah ya bagaimana cara kita memulai menjadi vegan. Sedangkan rasa memakan daging-dagingan masih menggebu-nggebu.

Kali ini brilio.net juga akan membagikan makanan olahan yang berbahan dasar tumbuhan namun diolah seperti makanan berbahan daging. Cocok nih buat kamu yang memulai menjadi vegetarian.

1. Tofu katsu.

foto: Tiktok/@Lisa Kitahara

Akun Tiktok Lisa Kitahara membagikan resep olahan khusus vegan yaitu tofu katsu. Bahan yang siapkan adalah lembaran kulit tahu atau biasa disebut dengan kembang tahu, tepung terigu, tepung, roti, dan bumbu seperti garam, soy sauce, dan merica.

Cara membuat dan hampir sama dengan cara membuat katsu dari dada ayam. Jika kamu tidak punyak kembang tahu, kamu bisa menggantinya dengan tahu saja lho. Rasanya juga tidak kalah enak dengan katsu dada ayam.

2. Tofu vegan drumstick.

foto: Tiktok/@WoonHeng

Bagi kamu yang terbayang-bayang ayam goreng Upin Ipin, yuk merapat. Tiktokers dengan nama akun WoonHeng membagikan resep drumstick vegan enak dari kembang tahu, yang rasanya tentu tidak kalah dengan drumstick daging ayam.

Bahan dasar yang digunakan adalah lembaran kembang tahu yang dililitkan ke stick dari bambu, hampir mirip seperti sate lilit. Olahan ini cocok bagi kamu yang dulunya pecinta ayam goreng. Di samping rasanya yang enak, kembang tahu juga memiliki berbagai manfaat seperti mengatasi gangguan pencernaan dan baik untuk penderita diabetes lho. Cocok juga untuk diet gula.

3. Sate jamur.

foto: Tiktok/@Alvina TW

Sate adalah makanan popular di Indonesia dengan bumbu kacangnya yang khas. Namun, bagi kamu yang menerapkan pola hidup vegan tentu tidak bisa mencicipi sate dengan mudahnya. Kamu harus memutar otak bagaimana caranya menikmati sate tanpa daging.

Tiktokers Alvina TW membagikan bagaimana cara mengolah sate jamur hingga mirip dengan sate daging. Proses pembuatannya hampir sama dengan dengan membuat sate daging, hanya bahan dasarnya saja yang diganti dengan jamur.

Jamur juga memiliki banyak kandungan manfaat lho terutama untuk menurunkan kolesterol. Jamur juga bagus untuk kekebalan tubuh pencegah kanker. Nah, tertarik membuat? Selamat mencoba!

4. Steak tempe.

foto: Tiktok/@Alvina TW

Kalau yang ini pasti kamu sudah tahu. Steak tempe sangat mudah dibuat, dengan bahan dasar yang sangat mudah dijumpai.

Tempe bisa digunakan sebagai pengganti daging lho. Tempe juga memiliki protein yang cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Nah cocok juga nih untuk kamu yang sedang melakukan diet.

5. Bakso oatmeal.

foto: TikTok

Siapa yang tidak suka sama bakso. Makanan ini cukup menggoda kamu yang sedang diet atau kamu yang baru belajar menjadi vegan atau vegetarian.

Tiktoker Alvina TW membagikan resep bagaimana mengolah bakso dari outmel. Dari segi rasa, mungkin akan sedikit berbeda dengan bakso daging. Namun, manfaat yang terkandung dari outmeal jauh lebih baik dari daging. Outmel bagus untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mengontrol kadar gula darah.

Reporter: Eka Putriyana

Artikel Asli