Qatar Airways Kandangkan 13 Unit Airbus A350

Nasional | republika | Published at Jumat, 06 Agustus 2021 - 08:27
Qatar Airways Kandangkan 13 Unit Airbus A350

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI Qatar Airways saat ini mengandangkan 13 unit pesawat Airbus A350. Kondisi tersebut semakin meningkatkan perselisihan selama berbulan-bulan dengan produsen pesawat Eropa tersebut.

Mengikuti instruksi tertulis eksplisit dari regulatornya, 13 pesawat kini telah digrounded, kata Qatar Airways dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip dari AP , Kamis (5/8).

Qatar Airways memastikan secara efektif tidak menggunakan 13 unit pesawat tersebut dalam operasionalnya hingga akar permasalahan dapat ditemukan. Qatar Airways juga masih akan mengkandangkangkan pesawat tersebut hingga mendapatkan solusi yang memuaskan untuk memperbaiki kondisi yang ada secara permanen.

Dalam pernyataannya, Qatar Airways mengatakan telah memantau degradasi di bawah cat pada badan pesawat selama beberapa waktu. Hal tersebut menggambarkan masalah yang dinilai menjadi kondisi signifikan sehingga 13 pesawat tersebut tidak dioperasikan sementara.

Keputusan Qatar Airways untuk mengandangkan pesawat menimbulkan pertanyaan tentang pesawat A350. Pesawat tersebut dirancang untuk membuat pesawat lorong ganda lebih ringan dan lebih murah untuk dioperasikan dengan membakar lebih sedikit bahan bakar jet.

Qatar Airways memiliki armada 53 Airbus A350 dalam seri 1000 dan 900. Maskapai tersebut juga memesan satu lagi melalui Toulouse yang merupakan produsen pesawat yang berbasis di Prancis. Pada Juni 2021, Qatar Airways mengatakan tidak akan mengambil A350 lagi kecuali masalahnya telah diperbaiki.

Sementara itu, Airbus masih menolak secara khusus membahas apa yang dilakukan Qatar Airways. Sebagai produsen pesawat terkemuka, kami selalu dalam pembicaraan atau bekerja dengan pelanggan kami. Pembicaraan itu kami rahasiakan. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut tentang operasi pelanggan kami, ungkap Airbus.

Selain Qatar Airways, maskapai lainnya yang memiliki A350 yakni Singapore Airlines dengan 56 unit pesawat. Lalu di Amerika ada Delta Air Lines memiliki 15 armada.

Sementara itu, CEO Qatar Airways Akbar al-Baker dikabarkan tengah bernegosiasi dengan produsen pesawat lain. Maskapai Qatar Airways akan menjadi bagian penting karena akan membawa para penggemar yang menghadiri Piala Dunia FIFA 2022 ke negara Semenanjung Arab.

Artikel Asli