Loading...
Loading…
Bantuan Pengusaha Peduli NKRI Jangkau Sumatera Selatan

Bantuan Pengusaha Peduli NKRI Jangkau Sumatera Selatan

Nasional | rm.id | Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:22

Donasi para pengusaha yang tergabung dalam gerakan Pengusaha Peduli NKRI (PPNKRI) dalam bentuk bantuan pangan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, menjangkau Sumatera Selatan (Sumsel). Penyerahan bantuan berlangsung simbolis dengan dukungan Kantor Sekretariat Kepresidenan.

Inisiator sekaligus koordinator gerakan, Gandi Sulistiyanto mengungkapkan, donasi ini adalah kelanjutan komitmen kepedulian serta solidaritas para pengusaha, berlatar kebersamaan, bergotong royong.

"Sebagaimana seribu tangan yang menyangga akan lebih ringan dibandingkan satu tangan saja. Karenanya, kami sekaligus mengajak perusahaan lain yang mampu dan tergugah untuk turut memberikan bantuan. Apakah dengan bergabung bersama kami, atau melakukannya secara terpisah," ujar Gandi dalam siaran pers, Selasa (3/8).

Dengan dukungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, sebanyak 30 ribu paket bahan pangan berupa beras, minyak goreng dan mi instan diserahkan ke Polda Sumsel yang diterima Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri.

Menurut Gandi, PPNKRI tidak hanya berisikan perusahaan besar, namun juga perusahaan rintisan, hingga UMKM dengan nilai donasi yang sangat bervariasi. "Setiap rupiah yang didonasikan kami pertanggungjawabkan sedetil-detilnya," tutur calon duta besar untuk Republik Korea ini.

Mereka memilih berdonasi dalam bentuk barang, khususnya bahan pangan, agar dapat segera dimanfaatkan masyarakat.

Sehari sebelumnya telah berlangsung donasi bagi warga masyarakat Bali berupa 500 ton beras yang diserahkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono melalui video conference .

Penyaluran akan dilakukan para relawan Tzu Chi bersama jajaran pemerintah daerah, mendapatkan dukungan dari aparat Polda Bali serta Kodam IX/Udayana.

Donasi ke Sumsel dan Bali adalah bagian dari komitmen bantuan beras sebanyak 35 ribu ton dari para pengusaha.

Inisiatif PPNKRI yang dimulai pada Maret tahun lalu berhasil menggalang dana lebih dari Rp 660 miliar dari sejumlah perusahaan di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Nasional Indonesia (Kadin).

Wujudnya berupa bahan pangan untuk masyarakat, peralatan kesehatan seperti ventilator, alat pelindung diri, peralatan uji cepat, dan masker bagi para tenaga kesehatan dan fasilitas medis melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Bantuan tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta puskesmas di Jabodetabek, dan 26 provinsi lain di Indonesia. Bantuan berikutnya berupa 10 ribu ton beras berikut 20 juta masker bagi masyarakat telah tersalurkan dengan dukungan para relawan Tzu Chi.

Terkini, bantuan beras beserta obat-obatan, konsentrator oksigen, dan aktivasi sentra vaksin, berlangsung pada Jumat (23/7) lalu.

Penggalangan dana sudah dimulai sejak Juli 2021 lalu dan masih terbuka untuk para pengusaha untuk mendonasikan dan mendukung saudara-saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19. [OKT]

Original Source

Topik Menarik

{