Loading...
Loading…
Bulan Ini Punya 80 Juta Vaksin Menkes Pede Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari Tercapai

Bulan Ini Punya 80 Juta Vaksin Menkes Pede Target 2 Juta Vaksinasi Per Hari Tercapai

Nasional | rm.id | Selasa, 03 Agustus 2021 - 07:10

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis bisa melaksanakan perintah Presiden Jokowi melakukan vaksinasi Covid-19 2 juta dosis sehari. Bulan ini, target itu diyakini bakal tercapai.

Budi bilang, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mendistribusikan 13 juta dosis vaksin Covid-19 ke daerah-daerah untuk memenuhi target tersebut.

Insya Allah target 2 juta dosis vaksin sehari bisa tercapai, ujar Budi dalam konferensi pers virtual, kemarin.

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini menyebut, stok vaksin di Tanah Air hanya kurang pada akhir Juli saja.

Bulan ini, Indonesia akan kedatangan 70 juta dosis vaksin Covid-19. Dengan jumlah itu, stok vaksin Tanah Air bisa mencapai 80 juta dosis pada bulan ini.

Vaksin akan segera didistribusikan ke daerah-daerah setelah tiba di Indonesia.

Kalau sehari suntik 2 juta dosis, di bulan ini kira-kira 60 juta dosis digunakan. Masih ada sisa dosis vaksin Covid-19, ujar menteri yang akrab disapa BGS ini.

Eks Direktur Utama Bank Mandiri ini kemudian menjelaskan soal distribusi vaksin yang diprioritaskan di Jawa dan Bali, khususnya di 7 daerah.

Kenapa dua wilayah itu diprioritaskan? Soalnya, Jawa dan Bali mencatat peningkatan kasus dan angka kematian yang tinggi.

Dijelaskannya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia berbasis risiko. Artinya, daerah dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi, akan mendapat lebih banyak vaksin.

Jadi kalau ditanya kenapa banyak vaksin di daerah tertentu saja, karena memang daerah itu yang risiko positif dan kematiannya tinggi, ungkap jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Selain itu, vaksin Covid-19 ini juga ditekankan pada kelompok risiko tinggi terinfeksi, seperti tenaga kesehatan, orang lanjut usia dan pekerja pelayanan publik. Mereka yang akan dapat jatah duluan.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini mengungkapkan, berdasarkan data Kemenkes, program vaksinasi Covid-19 nasional baru mencapai sekitar 22 persen dari target sasaran vaksinasi kepada 208.265.720 orang.

Menurut data Kemenkes, capaian vaksinasi Covid-19 terbanyak di Pulau Jawa berasal dari Jakarta (1/8). Ibu Kota mencatatkan capaian vaksinasi Covid-19 hingga 92 persen untuk dosis pertama, dan 32,6 persen untuk dosis kedua.

Disusul Yogyakarta yang mencatat capaian vaksinasi dosis pertama 40,72 persen. Namun, baru 15,2 persen pada dosis dua. Sedangkan provinsi lainnya di Pulau Jawa masih mencatat capaian vaksinasi di bawah angka 25 persen.

Sementara Provinsi Bali mencatat capaian vaksinasi hingga 90,1 persen pada dosis pertama dan 25,6 persen untuk dosis dua. [DIR]

Original Source

Topik Menarik