Mataram Terus Membaik, Vaksinasi 52 Persen, Penggunaan Masker 90 Persen

lombokpost | Nasional | Published at 02/08/2021 12:39
Mataram Terus Membaik, Vaksinasi 52 Persen, Penggunaan Masker 90 Persen

MATARAM-Pemkot Mataram kembali menggelar rapat evaluasi secara virtual dengan pemerintah pusat Sabtu (31/7) lalu. Kaitannya dengan evaluasi penerapan PPKM Level 4 di wilayah luar Pulau Jawa dan Bali.

Dari hasil rapat evaluasi, beberapa parameter yang ada, Kota Mataram cukup baik. Mulai dari ketertiban penggunaan masker hingga pembentukan posko di setiap kelurahan, jelas juru bicara Satgas Covid-19 I Nyoman Suwandiasa kepada Lombok Post, kemarin (1/8).

Meski demikian, kaitannya dengan berakhirnya PPKM Level 4 tanggal 2 Agustus, belum ada kepastian apakah akan ada perpanjangan atau tidak. Suwandiasa mengaku belum ada keputusan resmi. Belajar dari pengalaman sebelumnya, biasanya Presiden akan mengumumkan kepastian apakah PPKM dilanjutkan atau tidak di hari terakhir.

Mungkin besok pagi atau malam Pak Presiden mengumumkan apakah PPKM akan diperpanjang atau tidak, jelasnya.

Namun melihat beberapa parameter yang ada, Suwandiasa optimis jika PPKM Level 4 tidak akan dilanjutkan di Kota Mataram. Ia yakin Mataram bakal turun menjadi status daerah kondisi level 3.

Kalau dilihat dari saat rapat evaluasi kedisiplinan warga menggunakan masker dan jaga jarak menghindari kerumunan sudah bagus di angka 90 persen lebih. Kemudian cakupan vaksinasi kita juga saat ini sudah di atas 50 persen. Jadi kami sangat optimis Mataram akan turun di level 3, jelasnya.

Keyakinan Kepala Dinas Kominfo tersebut makin kuat karena Mataram masuk zona hijau tingkat kepatuhan masyarakat terhadap penerapan Prokes. Mataram mendapat poin 93 persen lebih bersama beberapa kabupaten kota lain yang ada di Indonesia. Cakupan vaksinasi di Kota Mataram saat ini berada di angka 52,47 persen atau 165 ribu lebih warga sudah divaksin. Ditambah angka kesembuhan mencapai 75 kasus sembuh per tanggal 31 Agustus.

Dengan kita turun di level tiga, maka secara otomatis akan banyak kelonggaran yang bisa didapatkan untuk pemilihan perekonomian. Jadi semua pihak memang sangat mengharapkan level kita bisa menurun, terang Suwandiasa.

Sejumlah lapisan masyarakat memang mengharapkan PPKM Level 4 di Kota Mataram tak dilanjutkan. Mulai dari pelaku wisata hingga pengusaha hotel dan restoran. Harapan kami PPKM ini bisa dicukupkan. Kita bisa kembali saat era new normal yang sebelumnya pernah digalakkan, ungkap pengelola Pantai Mapak H Awan.

Di era new normal, perekonomian sempat membaik meski belum pulih sama sekali. Namun pelaksanaan PPKM darurat kemudian membuat suasana kembali mencekam.

Nggak ada orang yang berani ke Pantai karena PPKM ini. Mudahan nggak diperpanjang lagi, harapnya.

Begitu juga Ketua Asosiasi Hotel Mataram Yono Sulistio. Ia berharap kasus penyebaran Covid-19 di Kota Mataram bisa melandai. Sehingga PPKM Level 4 tak diperpanjang lagi.

Ketika kasus sudah landai, kami harap aturan untuk tamu yang datang ke hotel bisa lebih dilonggarkan, harapnya. (ton/r3)

Artikel Asli