Peretasan Laman Setkab Bukan Kali Pertama, Komisi I Akan Evaluasi BSSN

rmol.id | Nasional | Published at 02/08/2021 12:36
Peretasan Laman Setkab Bukan Kali Pertama, Komisi I Akan Evaluasi BSSN

RMOL.Perlu ada audit dan evaluasi terhadap keamanan siber negara dalam hal ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani menyikapi peretasan laman Sekretariat Kabinet atau Setkab.go.id.

"Kejadian ini (peretasan Setkab.go.id) memperlihatkan bahwa sistem keamanan siber situs web yang dikelola Pemerintah terbukti masih lemah," ujar Christina kepada wartawan, Senin (2/8).

Christina mengatakan, khusus peretasan terhadap situs Sekretariat Kabinet, tercatat setidaknya sudah terjadi sebanyak tiga kali.

"Yaitu kejadian Sabtu kemarin (30/7), tahun 2015 yang lalu dan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," terangnya.

Untuk itu, lanjut legislator Partai Golkar ini, Komisi I sebagai mitra kerja BSSN akan melakukan evaluasi sebagai pencegahan kejadian peretasan serupa tidak terulang.

"Dalam kerangka fungsi pengawasan DPR RI, tentu saja kejadian ini menjadi catatan bagi kami untuk mengevaluasi kinerja BSSNserta mendorong upaya perbaikan yang perlu dilakukan," pungkasnya. []

Artikel Asli