Jusuf Hamka dan Bank Syariah Akhirnya Sepakat Berdamai

rmol.id | Nasional | Published at 02/08/2021 12:08
Jusuf Hamka dan Bank Syariah Akhirnya Sepakat Berdamai

RMOL.Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka akhirnya berdamai dengan sindikasi bank syariah yang membantu pembiayaan perusahaannya sejak 2016.

Perdamaian tersebut tercapai dengan penandatanganan "Nota Kesepakatan Penyelesaiabn Pembiayaan CMLJ dengan 7 Bank Syariah" di Dewan Syariah Nasional MUI di Jalan Dempo, Jakarta Pusat, Senin siang (2/8).

Jusuf Hamka adalan Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) yang membangun ruas tol Soroja atau Soreang - Pasir Koja di Jawa Barat.

Adapun ketujuh anggota sindikasi bank syariah yang membantu CMLJ adalah Bank Muamalat Indonesia, Bank Jateng Syariah, Bank Kalsel Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank Jambi Syariah, Bank DIY Syariah, dan Bank Sulselbar Syariah.

Beberapa waktu belakangan ini Jusuf Hamka menyerang bank sindikasi tersebut melalui pernyataan-pernyataan keras di ruang publik. Pemilik nama lahir Joseph Alun ini mengaku diperas Rp 20 miliar. Dia menuding bank syariah lintah darat dan lebih kejam dari bank konvensional.

Jusuf Hamka juga membawa persoalan ini ke ranah hukum dengan melaporkan ke Polda Metro Jaya pihak Bank Muamalat Indonesia yang menjadi leader dari bank sindikasi yang membantu Jusuf Hamka itu.

Sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, penyelesaian sengketa antara nasabah dan pelaku jasa keuangan semestinya diselesaikan dengan mekanisme internal atau eksternal yang melibatkan pihak-pihak lain yang terakreditasi oleh OJK. Jalan hukum sama sekali tidak termasuk dalam upaya penyelesaian yang dianjurkan OJK.

Di sisi lain, Jusuf Hamka dan bank sindikasi tersebut sebenarnya masih dalam fase penyelesaian internal yang belum menemui titik terang, mengingat banyaknya pihak yang terlihat membantu pembiayaan CMLJ, yakni tujuh bank.

Bank-bank syariah daerah yang merupakan bank pelat merah juga memerlukan upaya ekstra sebelum menyepakati semua term penyelesaian yang sedang dibicarakan antara Jusuf Hamka dan bank sindikasi. Ketidakhati-hatian di sisi mereka bisa berujung pada persoalan lain: tuduhan korupsi.

Hadir dalam penandatanganan Nota Kesepakatan itu antara lain Ketua MUI Lukmanul Hakim, Dirut CMLJ Jusuf Hamka, Dirut BMI Achmad Kusna Permana, dan Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah Iggi Haruman Achsien. []

Artikel Asli