Pandemi Covid-19, Penyambutan Kapolres Tabalong Terapkan Prokes Ketat

apahabar.com | Nasional | Published at 02/08/2021 10:42
Pandemi Covid-19, Penyambutan Kapolres Tabalong Terapkan Prokes Ketat

apahabar.com, TANJUNG Jajaran Polres Tabalong menyambut kedatangan Kapolres Tabalong yang baru, AKBP Riza Muttaqin, Senin (2/8).

Penyambutan digelar dengan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, hal ini berbeda dengan penyambutan sebelum-sebelumnya.

Pada acara kali ini, tradisi penyambutan menggunakan prosesi pedang pora serta tarian adat ditiadakan.

Acara penyambutan dimulai dari kedatangan Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin di gerbang Polres setempat.

Kapolres disambut dengan pengalungan bunga dari Wakapolres Tabalong Kompol Reza Bramantya.

Sebelumnya, AKBP Riza melakukan prosesi adat memotong tebu dengan menggunakan mandau.

Sekali tebas, batang tebu yang sepanjang kurang lebih 2 meter langsung terpotong menjadi 2 bagian.

Usai melalui beberapa prosesi yang telah disiapkan, barulah AKBP Riza Muttaqin didampingi Ny Susi Riza masuk ke halaman Mapolres Tabalong dan disambut seluruh pejabat utama Polres Tabalong.

Sebelumnya para peserta penyambutan diperiksa suhu tubuhnya dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta menjaga jarak.

AKBP Riza Muttaqin juga mengambil apel pertamanya sebagai Kapolres Tabalong, hal ini dilakukannya bersama AKBP M Muchdori, Kapolres Tabalong yang lama.

Dalam kesempatan itu, AKBP Riza bercerita semasa kecilnya hingga ia menjadi Kapolres di tanah kelahirannya ini.

Menjadi Kapolres di tanah kelahiran saya mungkin tidak semua senang, itu resiko tugas saya, tapi yang jelas tugas saya sebagai Kapolres yang pertama pemeliharaan Kamtibmas, itu paling utama, penegakkan hukum terakhir, ucapnya.

Rekan-rekan, sahabat saya mohon maaf, aturan tetap aturan tolong diikuti. Polisi bukan pembuat Undang-Undang, kami hanya menjalankan saja, sambungnya.

Riza juga menegaskan, pihaknya tidak ada toleransi terhadap narkoba. Oleh karena itu, baik keluarga, teman, sahabat supaya menghindari narkoba.

Saya tidak akan bisa bantu, mohon maaf sekali, termasuk anggota jika ada indikasi terkait itu, untuk itulah kami juga ada pengawasan dari kawan-kawan media, jelasnya.

AKBP Riza juga akan berupaya mencari cara untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Tabalong bersinergi dengan Pemkab Tabalong, Kodim 1008 Tabalong dan lainnya.

Saya akan evaluasi apakah itu pembatasan yang ada di perbatasan Kaltim, Kalteng dan PPKM Level 3. Tentu teori kesehatan dan ekonomi itu beda, kesehatan tentu tidak ada yang mau ke luar rumah, sedangkan teori ekonomi harus ke luar rumah, jelasnya.

Yang bekerja tetap bekerja tetapi dengan keikhlasan mungkin akan berkurang, karena jika terpapar juga merepotkan dan banyak mudaratnya, jadi bagaimana cara kita bersama-sama mengurangi nantinya, tandas AKBP Riza Muttaqin.

Terpisah, AKBP M Muchdori mengucapkan terima kasih atas dukungan anggotanya serta masyarakat Tabalong selama ia bertugas di sini.

Saya juga minta maaf sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan belum maksimal berbuat di daerah ini, saya juga meminta masyarakat Tabalong untuk mendukung AKBP Riza Muttaqin bertugas sebagai Kapolres Tabalong, pungkasnya.

Artikel Asli