IKA Fakultas Kedokteran Unram Tingkatkan Pengetahuan Dokter di NTB

lombokpost | Nasional | Published at 02/08/2021 08:35
IKA Fakultas Kedokteran Unram Tingkatkan Pengetahuan Dokter di NTB

MATARAM -Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) mengadakan acara ilmiah perdana pada 2021 di tengah pandemi Covid-19. Tingginya kasus Covid-19, terutama pada pelayanan gawat darurat mengakibatkan atensi terhadap penyakit gawat darurat non Covid-19 seolah bukan menjadi prioritas utama.

Kondisi ini tentu berdampak terhadap kualitas pelayanan, tingkat pengetahuan, dan keterampilan dokter umum digarda terdepan.

Kali ini, IKA FK Unram mengadakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan tersebut melalui pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan perkembangan keilmuan terkini. Melalui Mataram Webinar Series (MABES) 2021, dengan tema Non Covid Disease During Pandemic .

Kami berusaha memberikan informasi mengenai pedoman pada penanganan pasien non Covid-19 dalam situasi pandemik dari berbagai disiplin ilmu kedokteran, dengan harapan dapat memberikan insight terkini bagi dokter dan mahasiswa kedokteran, kata Ketua IKA FK UNRAM dr Zikrul Haikal, Sp.BA didampingi Ketua Panitia MABES dr Januarman.

Peningkatan kualitas dokter umum sebagai lini pertama pelayanan primer dalam pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan kasus penyakit non Covid-19 di saat pandemi. Serta menjadi bekal pengetahuan mengenai kasus penyakit non Covid-19 bagi mahasiswa kedokteran sebelum masuk ke dalam dunia klinik, imbuh Haikal, sapaan karibnya.

Kegiatan MABES 2021 diprakarsai alumni FK Unram sendiri. Acara ini diadakan secara virtual. Panitia terdiri dari alumni FK Unram yang sedang menjalani program pendidikan spesialis-1, alumni FK Unram yang sudah menjadi spesialis, dokter alumni FK Unram yang merupakan dosen FK Unram, dokter internsip, dokter muda, dan mahasiswa. Acara tersebut mulai dipersiapkan pada 20 Juni 2021 lalu. Baik itu proposal, daftar pembicara, judul, dan waktu kegiatan.

Acara MABES 2021 diadakan 1 Agustus 2021 kemarin dengan narasumber yang juga merupakan alumni FK Unram. Seperti dr Ni Luh Putu Dian Asriana Putri Sp.JP, dr Rudy Satriawan, Sp.P, dr I Gusti Agung Wilaja Putra, Sp.PD, dan dr Larangga Gempa B, Sp.PD.

Kegiatan MABES 2021 dibuka Dekan FK Unram Dr dr Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K), M.Kes secara virtual.

Peserta yang melakukan registrasi dalam kegiatan MABES ini cukup banyak, yakni 290 peserta. Paling tidak dari 290 peserta yang hadir webinar ini merepresentasikan antusiasme dari para dokter-dokter umum, baik itu alumni FK Unram sendiri dan non alumni. Hingga kegiatan mau berakkhir kata Haikal, para peserta mengikuti dengan semangat dan diskusi yang berlangsung interaktif.

Karena antusiasme peserta maka panitia dan IKA FK UNRAM akan mengadakan kegiatan ini secara berkesinambungan per enam bulan guna tetap memberikan update ilmu pengetahuan Kedokteran kepada semua praktisi kesehatan (dokter, paramedis) demi Indonesia sehat dan sejahtera, tuturnya. (jay/r3/*)

Artikel Asli