Pemerintah akan Umumkan Nasib PPKM Level 4 Hari Ini

jatimtimes.com | Nasional | Published at 02/08/2021 08:19
Pemerintah akan Umumkan Nasib PPKM Level 4 Hari Ini

INDONESIATIMES - PPKM Level 4 akan berakhir hari ini Senin (2/8/2021). Lantas apakah pemerintah akan kembali memperpanjang PPKM Level 4 ini atau tidak?

Terkait hal tersebut, rencananya pemerintah akan mengumumkan keputusan terkait PPKM level 4 hari ini. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Syafrizal.

"Keputusan terkait PPKM diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM 2 Agustus 2021 berakhir," ujar Syafrizal, Minggu (1/8/2021) kemarin.

Ia juga mengatakan, kebijakan yang akan diambil pemerintah akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan. Keselamatan warga, kata Syafrizal, adalah yang tertinggi.

"Kebijakan yang diambil Presiden mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Di mana, tetap menempatkan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi," katanya.

Lebih lanjut, Syafrizal mengatakan, Kemendagri akan mengikuti keputusan yang diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai PPKM ini. Kemendagri bersama pemerintah daerah nantinya akan siap menerapkan aturan tersebut.

Selain itu, Syafrizal juga memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat. Ia meminta agar masyarakat tetap patuh dalam menerapkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya memutuskan melaksanakan PPKM Darurat sejak 3 hingga 20 Juli di Pulau Jawa-Bali. Kemudian, pemerintah mengubah nama kebijakan tersebut menjadi PPKM Level 4 dan memperpanjang pada 21-25 Juli.

Pemerintah kemudian kembali memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Sejumlah daerah telah menerapkan level PPKM berbeda sesuai dengan kategori yang diatur pemerintah. PPKM di Jawa-Bali didominasi level 3-4. Sedangkan di luar Jawa-Bali, daerah-daerah menerapkan PPKM beragam dari level 2 hingga 4.

Artikel Asli