Jelang HUT RI, Gulirkan Vaksin Merdeka Kapolri Pede, Ekonomi Bisa Berkembang Lagi

rm.id | Nasional | Published at 02/08/2021 07:05
Jelang HUT RI, Gulirkan Vaksin Merdeka Kapolri Pede, Ekonomi Bisa Berkembang Lagi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana memberi kado ulang tahun bagi Indonesia yang akan berusia 76 tahun pada 17 Agustus mendatang. Kadonya, 100 persen warga DKI sudah divaksinasi. Target itu dikejar lewat program Vaksinasi Merdeka.

Program Vaksinasi Merdeka merupakan program vaksinasi yang dilaksanakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan kita pada 17 Agustus, ujar Sigit, dalam acara launching (peluncuran) Vaksinasi Merdeka, di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

Selain Kapolri, acara ini juga dihadiri Panglima TNI yang diwakilkan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam 17 hari, Vaksin Merdeka menargetkan vaksinasi terhadap 3.060.000 atau sekitar 20 persen dari total warga DKI, yang belum divaksinasi. Sigit menyatakan, jika seluruh warga DKI telah melakukan vaksinasi, maka akan tercipta herd immunity atau kekebalan komunal. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi bakal merangkak naik.

Syarat pertumbuhan ekonomi berjalan dan berkembang, kesehatan harus jadi prioritas, ucap mantan Kapolda Banten itu.

Dalam Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Jaya ditunjuk sebagai leading sector , bekerja sama dengan Pemprov DKI serta Kodam Jaya. Ini kami harapkan muncul dan bergelora di seluruh wilayah lain selain DKI. Saya apresiasi DKI dalam hal ini Polda Metro sebagai inisiatornya, harap Sigit.

Polda Metro Jaya akan mendirikan sekitar 900 gerai vaksinasi di RW yang masyarakatnya belum divaksin terbanyak. Satu gerai Vaksinasi Merdeka ditargetkan memberikan vaksin kepada 200 warga.

Ada 4.500 relawan yang dilibatkan dalam program tersebut. Mereka terdiri dari 1.800 orang tenaga medis, dokter pelaksana screening dan vaksinator, dan 2.700 orang non tenaga medis, observator, dan input administrasi. Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran berharap, dengan lokasi gerai vaksin yang semakin dekat, warga mau divaksin Covid-19.

Dia mengatakan, ada beberapa kendala yang ditemui dalam penyuluhan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat. Salah satunya, banyak warga yang meragukan kehalalan bahan baku vaksin tersebut. Sebenarnya sudah berulang kali kami jelaskan ini halal. AstraZeneca ini halal, ujar Fadil.

Selain itu, mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim) itu mengatakan, banyak masyarakat yang khawatir dengan dampak pasca divaksin. Dampaknya ada, tapi kecil, ungkapnya

Sementara Gubernur Anies menyambut baik program Vaksinasi Merdeka. Dia mengatakan, vaksinasi akan menjadi syarat pembukaan kegiatan apapun di Jakarta. Kami secara bertahap akan melakukan pembukaan aktivitas, dan itu membutuhkan persyaratan vaksinasi, ujar Anies. [DIR]

Artikel Asli