Peningkatan Kapasitas Nakes Cegah Risiko Terpapar Covid-19

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 02/08/2021 06:25
Peningkatan Kapasitas Nakes Cegah Risiko Terpapar Covid-19

JAKARTA - Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan (nakes) penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, dalam Webinar Emergency and Response in Covid-19 Pandemic Setting, di Jakarta, Sabtu (31/7).

Dia menilai, nakes yang memiliki kapasitas mampu menurunkan risiko terinfeksi dalam penanganan pandemi. "Pelatihan sangatlah besar urgensinya karena bertujuan meningkatkan kapasitas para tenaga kesehatan dalam penanganan kegawatdaruratan masa pandemi," ujarnya.

Pelatihan dimaksud merupakan sinergi Emergency Medical Team (EMT) dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Ida berharap pelatihan tersebut dapat memberi panduan tanggap darurat yang mengedepankan standar keamanan tertinggi. Panduan diharapkan membantu para tenaga kesehatan menjaga dari risiko terinfeksi yang dapat berakibat kematian.

"Ini akan dapat memberi nilai tambah besar dan berkontribusi positif dalam langkah kita menghadapi pandemi Covid-19," jelasnya. Menaker mengungkapkan, selama 1,5 tahun, jumlah kasus Covid-19 sudah mencapai lebih dari 3,3 juta orang. Lebih dari 90 ribu meninggal akibat Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih mengatakan, peningkatan kapasitas terkait ilmu kegawatdaruratan saat pandemi sangatlah penting. Dokter akan mendapat panduan tanggap darurat yang mengedepankan standar keamanan tertinggi.

"Dengan mengedepankan standar keamanan tertinggi, para dokter akan menjaga sejauh mungkin dari risiko terinfeksi yang dapat berakibat kematian," katanya.

Artikel Asli