5 Tips agar kamu sukses mengikuti ujian tes CPNS, banyak latihan ya

brilio.net | Nasional | Published at 26/07/2021 04:00
5 Tips agar kamu sukses mengikuti ujian tes CPNS, banyak latihan ya

Brilio.net - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah dibuka. Pendaftaran CPNS 2021 pun sudah diperpanjang secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga 26 Juli 2021.

Kamu yang sudah selesai mendaftar dengan berkas lengkap, kini waktunya mempersiapkan diri untuk ikut ujian tes CPNS. Pasalnya saingan pada ujian tersebut bukanlah sedikit. Menurut BKN, hingga Minggu (18/7/2021) sudah ada lebih dari 4 juta orang yang melamar untuk mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Lalu, apa saja tips agar sukses mengikuti ujian ini dan selangkah lebih dekat menjadi PNS? Berikut tipsnya.

1. Cari kisi-kisi soal ujian CPNS

Di era digital saat ini, tidak terlalu sulit untuk mencari kisi kisi soal CPNS 2021. Kamu bisa mendapatkannya dari banyak sumber. Mulai dari meminta bahan ujian dari teman atau saudara yang sudah pernah tes sebelumnya, beli buku khusus untuk menghadapi ujian CPNS dan juga cari infonya secara online.

Jika kamu mengikuti bimbingan khusus untuk ujian CPNS, biasanya tempat bimbel pun akan memberikan kisi-kisi maupun contoh soal yang pernah keluar di ujian tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi.

Oh iya, masih belum terlambat kok untuk mencari kelas bimbingan khusus CPNS karena ujian SKD masih lumayan lama. Agar aman dari potensi tertular Covid-19, kamu bisa mengambil opsi bimbel online yang khusus memberikan kelas intensif untuk membantu belajar dengan lebih efektif. Contohnya ada KitaLulus yang menjanjikan kamu bisa menguasai soal ujian CPNS kurang dari satu menit!

2. Perbanyak latihan mengerjakan contoh soal

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari 100 soal dan kamu diharapkan bisa menjawab semuanya dalam waktu 90 menit. Nah, setiap tes memiliki ambang batas berbeda sehingga kamu wajib mengisi semua pertanyaan.

Untuk ujian TKP, tidak ada jawaban benar atau salah namun kamu tetap wajib mengisinya. Jika bingung, kamu bisa cari contoh Soal TKP dan pembahasan lengkap yang banyak tersedia gratis di internet.

Selain itu, kamu membutuhkan pengetahuan dan wawasan luas soal Indonesia untuk melewati Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kamu harus menguasai tentang Pancasila, UUD 1945, Tata Negara, Kewarganegaraan dan Hak Asasi Manusia (HAM), sejarah, dan juga kebijakan pemerintah dan otonomi daerah.

Sedangkan untuk intelegensia umum (TIU) kamu perlu banyak berlatih soal kemampuan numerik, berpikir logis hingga analitis yang umumnya berhubungan dengan soal matematika dan hitungan logis njlimet yang butuh latihan terus menerus agar kamu paham bagaimana menyelesaikan setiap variasi soal. Tidak seperti TWK yang murni mengandalkan hafalan. Ingat, practice makes perfect .

4. Berlatih menjawab pertanyaan dengan timer

Selanjutnya, kamu bisa mencoba berlatih menjawab pertanyaan dengan timer agar tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menjawab satu soal.

Pasalnya dengan waktu ujian hanya 90 menit dan soal 100 pertanyaan, kamu mau tidak mau harus bisa menyelesaikan satu pertanyaan di bawah satu menit agar tidak ada pertanyaan yang terlewat dan tidak dijawab.

Kamu bisa pakai timer yang ada di HP atau menggunakan aplikasi tes soal CPNS yang biasanya juga menyertakan timer untuk membantu kamu familiar dengan kondisi tersebut.

4. Ikut tryout online

Saat ini, ada banyak sekali website maupun aplikasi yang menyediakan fasilitas tryout tes CPNS online yang bisa kamu ikuti secara gratis. Hitung-hitung sebagai latihan tambahan yang lebih real karena soal yang diberikan biasanya berdasarkan soal-soal yang pernah keluar di tahun-tahun sebelumnya.

Dengan mengikuti tryout, kamu bisa memperkirakan bagaimana nanti suasana saat ujian sebenarnya dilakukan, bagaimana mengatur waktu agar semua pertanyaan dijawab dan bagaimana tetap tenang meski diburu-buru waktu untuk menjawab.

Jika sudah terbiasa, nanti kamu tidak akan kaget lagi di hari ujian SKD sebenarnya karena sudah mempersiapkan diri dengan skenario ujian yang sama.

5. Ingat untuk istirahat

Jika kamu sudah ngebet sekali ingin menjadi PNS, tetap harus ingat untuk membagi waktu antara belajar dengan istirahat. Jangan forsir tubuh kamu dengan belajar hingga begadang atau tidak memberi jeda untuk sekedar bersantai sejenak.

Kamu perlu menjaga kondisi tubuh tetap fit karena saat akan ujian pun kamu akan menjalani rapid test dan pemeriksaan kesehatan, sehingga jangan sampai kondisi kesehatan malah jadi alasan ujian kamu terganggu nantinya.

Maka dari itu atur jam belajar dengan efektif tanpa mengorbankan waktu istirahat dan juga me time .

Artikel Asli