Loading...
Loading…
Kurikulum Pendidikan Harus Sesuai Kebutuhan Anak Dan Tuntutan Zaman

Kurikulum Pendidikan Harus Sesuai Kebutuhan Anak Dan Tuntutan Zaman

Nasional | rm.id | Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:52

Pendidikan merupakan aspek penting dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter. Sumber daya manusia yang berkualitas akan meningkatkan daya saing. Namun, dalam melaksanakan pendidikan, banyak tantangan yang muncul. Termasuk persoalan kurikulum dan pandemi yang sedang terjadi.

Berangkat dari ini, Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan (MTP) Universitas Islam Asy-Syafiiyah (UIA) mengadakan webinar yang bertema Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran di Era Adaptasi Baru, Sabtu (24/7). Webinar diikuti 450 peserta, yang merupakan dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dari berbagai daerah se-Indonesia.

Ketua Panitia yang juga mahasiswa MTP UIA Nurasdi Bambang mengatakan, pembahasan tentang pendidikan penting, khususnya tentang kurikulum dan desain pembelajaran pada era adaptasi baru. Webinar tersebut dirancang sebagai forum diskusi untuk memberikan masukan terhadap pelaksanaan pembelajaran pada kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Prodi MTP UIA Moh Fahri mengatakan, tujuan webinar tersebut untuk merealisasikan ilmu-ilmu yang sudah didapat selama kuliah. Substansi dari kegiatan itu pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran yang bisa menghasilkan siswa Pancasilais.

Sila-sila yang ada dalam Pancasila sangat perlu dikembangkan. Di antaranya adalah sikap untuk tidak saling mem- bully dengan adanya multicultural dari berbagai suku di Indonesia. Musyawarah harus dapat diaplikasikan untuk dapat melatih konseptual dan praktikal kepemimpinan, ketika persoalan keadilan muncul di tengah masa pandemi ini. Kemampuan hard skill dan soft skill sangat perlu dikembangkan, ucapnya.

Dekan FKIP UIA Ari Sumitro, saat membuka webinar, menyampaikan bahwa kehidupan global telah masuk ke semua bidang, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, inovasi dalam dunia pendidikan harus terus dilakukan. Tidak hanya di bidang sarana dan prasarana, namun dalam bidang teknologi, cara belajar yang konvensional harius diubah dan dikembangkan.

"Kurikulum perlu ditinjau dalam berbagai situasi. Peran guru sangat penting dalam menunjang semua itu. Karena dapat meningkatkan produktivitas dalam memenuhi tuntutan global, ungkapnya.

Webinar lalu dilanjutkan pemaparan dari para pemateri. Pemateri pertama, dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Zulfikri Anas, yang membawakan tema, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Dia menerangka, masing-masing sekolah punya kesempatan mengembangkan kurikulum. Sekolah mempunyai kebebasan dalam proses pengembangannya dan pelaksanaannya.

Zulkifri menyebut, ruang kerja guru ada di alam pikiran, rasa, dan hati nurani. "Masa pandemi menjadi peluang emas untuk penguatan karakter, kreativitas, dan kemampuan berinovasi bagi guru, peserta didik, dan orang tua untuk mempersiapkan anak memasuki era peradaban 21 (era digital). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bermakna mendekatkan pembelajaran dengan kehidupan nyata, ungkapnya.

Pemateri kedua, dari Pusat Asesmen Pembelajaran Deni Hadiana. Dia membawakan materi Asesmen Kompetensi Minimum/AKM. Dia mengemukakan, setiap anak didik mempunyai potensi dalam 3H. Yaitu Head (pengetahuan), Hand (keterampilan), dan Heart (sikap). Tugas guru adalah menggerakkan tiga potensi ini.

Pemateri ketiga, dosen MTP UIA Misbah Fikrianto. Misbah membawakan tema, Membentuk Siswa Milenial Yang Berkarakter Pelajar Pancasila.

Dalam uraiannya, Misbahkab menjelaskan pentingnya analisis kebutuhan peserta didik, sehingga desain yang dikembangkan sesuai. Peserta didik bisa memilih, mengalami, dan memecahkan masalah.

"Tugas tenaga pendidik salah satunya adalah mencontohkan dengan hal yang baik. Untuk seluruh guru, lakukan perubahan yang mandalam, bukan hanya memberikan pengetahuan. Kembangkan juga literasi yang sudah dimiliki, paparannya.

Misbah menambahkan, webinar ini memberikan kontribusi untuk ekosistem pendidikan dalam menerapkan pembelajaran pada era adaptasi baru. Semua pembahasan, terutama mengenai pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sangat penting. [ USU ]

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{