PPKM Level 4 Hingga 2 Agustus, Polisi Siapkan Lima Rencana Operasi Aman Nusa II Lanjutan

radartegal | Nasional | Published at 23/07/2021 04:45
PPKM Level 4 Hingga 2 Agustus, Polisi Siapkan Lima Rencana Operasi Aman Nusa II Lanjutan

Polri menyiapkan lima rencana operasi saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus mendatang. Lima rencana tersebut masuk dalam Operasi Aman Nusa II Lanjutan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan rencana operasi tersebut guna mendukung upaya penanganan pandemi COVID-19. Lima rencana aksi tersebut pertama tetap melakukan pengawalan dan pengamanan vaksin.

"Kedua memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan vaksinasi dan PPKM. Ketiga, Polri membantu mempercepat kegiatan vaksiansi sehingga kekebalan komunal masyarakat atau 'herd immunity' segera terbentuk," katanya dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Dikatakannya juga, Polri akan memberikan pendampingan kepada petugas di PPKM berkaitan dengan testing, tracing dan treatmen atau 3T. Polri juga akan melakukan amplifikasi atau perluasan pemberitaan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Yang kelima, memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah berkaitan dengan operasi yustisi," ujar Argo.

Operasi Aman Nusa II Lanjutan merupakan operasi kontijensi yang dilakukan Polri dalam menghadapi kondisi pandemi COVID-19. Operasi tersebut telah berlangsung sejak PPKM Darurat diberlakukan tanggal 3 Juli dan berakhir 2 Agustus 2021.

Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 3 juta. Dari jumlah itu, satu juta kasus disumbang hanya dalam waktu sebulan.

Ini setelah dalam sebulan terakhir, kasus Corona berkali-kali memecahkan rekor. Hingga pada 22 Juli 2021, angka kasus Corona kini telah menembus tiga juta kasus.

Pada, Kamis (22/7), tercatat ada tambahan 49.509 kasus baru Corona di Indonesia. Dengan penambahan itu, total kumulatif kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 3.033.339 kasus.

Hanya butuh waktu satu bulan saja untuk mencapai tambahan satu juta kasus. Selain itu, ada 36.370 pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona.

Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi selama pandemi. Jumlah total pasien yang sembuh berjumlah 2.393.923 orang.

Untuk pasien yang meninggal dunia, tercatat ada 1.449 pasien. Jumlah pasien COVID-19 di Indonesia yang meninggal dunia sebanyak 79.032 orang.

Masyarakat diminta selalu mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19. Yatu disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak. (rh/gw/zul/fin)

Artikel Asli