Setelah Sempat Ditegur Presiden BNPB Optimalkan Peranan Posko Dengan Membagikan Masker

rmol.id | Nasional | Published at 22/07/2021 16:57
Setelah Sempat Ditegur Presiden BNPB Optimalkan Peranan Posko Dengan Membagikan Masker

RMOL.Peranan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sempat dikeluhkan Presiden Joko Widodo, karena tidak efektif dalam menyosialisasikan dan membagikan masker, yang merupakan satu bagian dari protokol kesehatan Covid-19.

Teguran itu memberikan dampak baik. Sebab, BNPB mulai mengefektifkan peranan posko penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dengan membagkan masker dan juga hand sanitizer.

Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Dody Ruswandi menerangkan, pembagian masker dan hand sanitizer dimulai dari wilayah DKI Jakarta, tepatnya di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (21/7).

Kata Dody, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama multipihak, guna mengantisipasi lonjakan penyebaran virus Covid-19.

Sehingga, turut hadir dalam kegiatan ini Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat, Camat Matraman Andriansyah dan Plt. Kalak BPBD DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan pengendalian penyebaran Covid-19 ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya" kata Dody dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (22/7).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, mengapresiasi kunjungan serta bantuan BNPB kepada masyarakat wilayah Matraman.

"Insya Allah, bantuan ini menjadi berkah," ujar Hendra.

Dalam hal ini, TNI, Polri, Pemerintah Pusat dan Daerah sudah berupaya maksimal memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat khususnya wilayah warga Kecamatan Matraman.

Maka dari itu Hendra berharap, upaya penanganan Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah mendapat kelancaran dan kemudahan.

"Dan memberikan hati yang lapang kepada masyarakat untuk turut membantu tugas Pemerintah. Karena tanpa dukungan, pengertian dan kesadaran masyarakat itu sendiri, saya rasa akan sulit," tambah Hendra.

Dalam kegiatan tersebut, BNPB memberikan bantuan berupa masker dan handsanitizer untuk enam Posko PPKM Kelurahan di Kecamatan Matraman.

Di antaranya Kelurahan Pisangan Baru, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Pal Meriam dan Kebon Manggis.

Dengan adanya stok masker di Posko PPKM Kelurahan ini, masyarakat yang tidak memiliki masker dapat mengambil di Posko PPKM sesuai dengan kebutuhan secara gratis.

Masing-masing kelurahan tersebut akan mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 Masker dan 10 Jerigen hand sanitizer. Sehingga total bantuan yang diberikan di enam kelurahan di kecamatan Matraman sebanyak 60.000 masker dan 60 jerigen hand sanitizer.

Penyerahan bantuan ini langsung diberikan secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Prasinta Dewi, kepada Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, di lapangan kantor Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. []

Artikel Asli