Gandeng IPB dan LIPI, Pemkot Bogor Siap Produksi Oksigen Konsentrator

ayojakarta | Nasional | Published at 22/07/2021 16:21
Gandeng IPB dan LIPI, Pemkot Bogor Siap Produksi Oksigen Konsentrator

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - Ketersediaan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di 21 rumah sakit rujukan Covid-19menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Sebab, keterbatasan stok oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 hampir terjadi di seluruh rumah sakit rujukan Covid-19. Alhasil, Pemkot Bogor mesti berpikir kerasuntuk memenuhi kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit.
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, selain mendapat pasokan oksigen dari sejumlah pihak, Pemkot Bogor juga menyambut baik inisiasi dari IPB University untuk memproduksi oksigen konsentrator secara massal.
"Rektor IPB bersama LIPI juga berencana untuk memproduksi oksigen konsentrator secara massal, untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan. Dengan cara menginisiasi produksi oksigen konsentrator. Tentunya ini kabar baik bagi kita semua," katanya, Kamis 22 Juli 2021.
Bima Arya mengatakan, kolaborasi ini akan berlanjut lantaran kebutuhan oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19 saat ini masih tinggi. Ke depannya, akan dihitung berapa kapasitas produksi oleh IPB dan LIPI.
Kami akan hitung sekarang kapasitas produksinya berapa, IPB dan LIPI, kemudian kebutuhannya di mana saja dan penganggarannya bagaimana. Tapi Pemkot Bogor siap untuk menganggarkan, ucapnya.
Sementara itu, Rektor IPB UniversityArif Satria menjelaskan, saat ini IPB Universty sedang melakukan pengembangan untuk produksi oksigen konsentrator bersama dengan LIPI.
Diperkirakan, oksigen konsentrator ini bisa mengisi kekosongan oksigen di lapangan dan akan selesai pada pekan ini.
"Sudah mulai kami rakit. Insya Allah Jumat akan kami ujicoba. Kalau sudah fix InsyaAllah akan kita produksi. Kita ujicoba di lingkungan kampus, bisa di poliklinik atau di pusat isolasi, ucapnya.
Ia menjelaskan, saat ini IPB juga sedang merancang oxygen concentrator plant untuk memproduksi oksigen tersebut. Nantinya jika rancangan itu sudah final, diperkirakan akan membantu memenuhi kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan.
Semoga akan sangat membantu. Kita tidak perlu lagi isi ulang, sangat tergantung pada alatnya saja," tuturnya.
Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan berkolaborasi dengan IPB University dalam berbagai hal, termasuk penanganan Covid-19.
Kerjasama dengan pemerintah daerah menjadi sangat penting untuk perguruan tinggi dalam rangka percepatan mengatasi masalah ini. Terimakasih kepada Pak Wali atas kepercayaannya kepada IPB untuk terus bisa mensupport Pemkot Bogor, ujar dia.
Artikel Asli