Aliran Sungai Pajukungan HST Terhambat, Warga Evakuasi Pohon Tumbang

apahabar.com | Nasional | Published at 22/07/2021 16:07
Aliran Sungai Pajukungan HST Terhambat, Warga Evakuasi Pohon Tumbang

apahabar.com , BARABAI Sebatang pohon tumbang di bantaran sungai Pajukungan Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST).

Pohon yang tumbang itu menutupi ruas sungai, sehingga aliran sungai yang bermuara di Meratus Kecamatan Hantakan terhambat.

Pj Kepala Desa Pajukungan, Rusdiansyah, menyebutkan pohon tumbang tersebut sudah terlihat sebelum Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah atau Minggu, 18 Juli.

Warga dari dua desa, Pajukungan dan Durian Gantang pun harus bergotong royong membersihkan dan mengevakuasi batang pohon itu, Kamis (22/7).

Warga juga dibantu Babinsa Koramil Barabai, Bhabinkamtibmas Polres, BPBD dan DLHP HST, kata Rusdiansyah.

Berkat gotong royong bersama, lanjut Rusdiansyah, evakuasi sampai pembersihan sisa-sisa pohon tumbang berjalan cepat.

Alhmdlulillah aliran sungai juga tidak terhambat lagi dan sampah di sungai jadi bersih, tutup Rusdiansyah

Sementara itu, Danramil 1002-06/Barabai, Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan keterlibatan TNI gotong royong itu merupakan bentuk kepedulian kepada lingkungan dan membantu kesulitan rakyat.

Diminta atau tidak diminta pun kami akan selalu hadir membantu kesulitan rakyat. Ini merupakan salah satu program pembinaan lingkungan yang dilakukan oleh TNI-AD ucap Rudi.

Kegiatan seperti itu, lanjut Rudi juga sesuai dengan amanah 8 Wajib TNI pada butir ke delapan. Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat.

Hal ini kami lakukan guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, tutup Rudi.

Artikel Asli