5 Manfaat Dengarkan Musik Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

ayosemarang | Nasional | Published at 22/07/2021 15:56
5 Manfaat Dengarkan Musik Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Musik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lirik dan alunan irama musik bisa meningkatkan kesehatan mental, fisik dan juga emosional orang yang mendengarkannya.

Tanpa sadar musik bisa mempengaruhi pikiran dan perasaan seseorang. Ketika kita mendengarkan musik pop yang ceria misalnya, hal itu bisa membuat kita ikut merasakan senang.

Sebaliknya, jika kita mendengarkan musik yang lambat dengan lirik yang penuh makna kita bisa merasakan ketenangan. Itulah pengaruh musik yang tanpa kita sadari bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat musik bagi kesehatan:

1. Mengatasi stres
Mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati seseorang. Riset menunjukan musik yang memiliki nada dan lirik yang ceria bisa meningkatkan suasana hati sehingga cocok digunakan sebagai penghilang stres.

Musik juga bisa digunakan untuk rileksasi dan terapi kesehatan. Dilansir dari alodokter.com, mendengarkan musik bisa mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon yang dikenal sebagai hormon stres dalam tubuh. Oleh karena itu, musik dapat dijadikan terapi untuk mengurangi stres.

2. Mengatasi insomnia
Musik bisa digunakan sebagai terapi untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada yang tidak mendengarkan musik sebelum tidur.

Hal ini dikarenakan musik dapat membuat tubuh mudah terlelap karena hati dan pikiran menjadi tenang dan rileks terutama musik dengan melodi yang lambat.

3. Membantu pemulihan setelah operasi
Mendengarkan musik setelah melakukan operasi dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit yang dirasakan.

Mendengarkan musik bisa mempengaruhi produksi opioid dalam otak. Opioid merupakan komponen di dalam otak yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

4. Membantu pemulihan stroke dan Alzheimer
Dikutip dari halodoc.com, melakukan terapi musik terutama menyanyikan lagu lama bisa membuka ekspresi kesadaran. Kesadaran emosi bisa membuat penderita stroke dan alzheimer merasakan hubungan dengan orang yang mereka cintai.

Oleh karena itu, penderita yang menjalani pengobatan stroke dan Alzheimer disertai dengan terapi musik mengalami pemulihan yang lebih baik.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif
Musik bisa meningkatkan kemampuan intelektual dan kognitif pada seseorang. Suatu penelitian menunjukan bahwa memperdengarkan musik klasik pada anak berguna untuk perkembangan kognitifnya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mendengarkan musik apabila sedang mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan kognitif seperti menulis dan membaca.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan. Tentu selera musik seseorang berbeda-beda sehingga manfaat yang dihasilkan pun berbeda-beda sesuai jenis musik yang disukainya.

Mendengarkan musik saja juga tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Kita harus senantiasa menjaga pola hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur. (Nurina Amali Hashifah)

Artikel Asli