Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komut BRI, Anggota DPR: Rektor Mestinya Fokus Urus Kampus

inewsid | Nasional | Published at 22/07/2021 14:31
Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komut BRI, Anggota DPR: Rektor Mestinya Fokus Urus Kampus

JAKARTA, iNews.id - Kalangan DPR mendukung sikap Ari Kuncoro mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama (Komut) BRI. Ari Kuncoro yang juga menjabat Rektor Universitas Indonesia (UI) dinilai mesti fokus mengurus kampus.

Anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron mengatakan, sikap ini yang seharusnya diambil dalam menyikapi polemik di tengah masyarakat tentang rangkap jabatan. Masalah ini diharapkan menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya para rektor.

"Tentu ke depan rektor semestinya lebih fokus saja mengurus kampusnya dan memperkuat posisi idealisme di kampus," ujar Herman di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Menurutnya, jabatan rektor juga memiliki peran sangat besar bagi kemajuan bangsa. Dia berharap tidak ada lagi rektor tergiur dengan rangkap jabatan posisi di pemerintahan.

"Jangan pula kekuasaan menarik-nariklah kepada situasi yang lain. Kehilangan fokus dan idealisme di kampus," ucapnya.

Sosok Ari memang ramai dibahas belakangan ini. Sebab, selain mengisi struktur manajemen Bank BRI, dia juga menjabat sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI).

Ari diangkat pemegang saham sebagai Wakil Komisaris sejak 18 Februari 2020 lalu. Padahal, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statuta Universitas Indonesia rektor dilarang memiliki jabatan di BUMN.

Hal ini menjadi kritikan sejumlah pihak. Tak berselang lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun resmi mengizinkan Ari Kuncoro melakukan merangkap jabatan.

Keputusan tersebut diambil melalui penerbitan PP 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI. Peraturan tersebut yang kemudian menggantikan PP 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI.

Artikel Asli