12 Manfaat bengkoang untuk kesehatan, baik untuk jantung

brilio.net | Nasional | Published at 22/07/2021 15:22
12 Manfaat bengkoang untuk kesehatan, baik untuk jantung

Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan bengkoang? Umbi-umbian yang berwarna putih ini sangat mudah ditemukan di pasar, pedagang buah, hingga supermarket. Banyak orang pula yang menyukai buah ini karena rasanya yang enak.

Biasanya bengkoang disajikan sebagai campuran rujak, lotis, atau asinan. Selain dikonsumsi, bengkoang juga dikenal baik digunakan langsung untuk kecantikan kulit wajah. Oleh karena itu, banyak pula yang menjadikan bengkoang ini sebagai masker.

Bengkoang sendiri mengandung berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terdapat di dalamnya, antara lain serat, vitamin C, potasium, kalsium, vitamin E, dan B6. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/7), manfaat bengkoang untuk kesehatan.

1. Menangkal radikal bebas.

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, bengkoang memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas karena kaya akan antioksidan. Radikal bebas yang biasanya berasal dari asap rokok, polusi, dan paparan sinar matahari ini dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Kerusakan tersebut dapat memicu penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penurunan kognitif. Kerusakan sel ini dapat dicegah dengan konsumsi bengkoang yang tak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga selenium, beta karoten, vitamin C, dan E.

2. Melancarkan BAB.

foto: pexels.com

Bengkoang yang kaya akan serat ini dapat membantu melancarkan BAB. Dilansir dari Medical News Health, serat dalam bengkoang ini berperan mendorong tinja keluar secara teratur, serta mencegah terjadinya sembelit.

3. Mencegah penyakit pada lansia.

foto: pexels.com

Selain melancarkan BAB dan mencegah sembelit, kandungan serat pada bengkoang ternyata mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit yang kerap menyerang lansia. Asupan serat yang cukup dapat membuat lansia sehat dan lebih panjang umur.

4. Menurunkan kadar kolesterol.

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, serat dalam bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bengkoang berperan penting mencegah penyerapan kolesterol di dalam usus dan mencegah kolesterol masuk ke organ hati secara berlebihan.

5. Melancarkan sirkulasi darah.

foto: pexels.com

Bengkoang memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk sirkulasi maupun tekanan darah. Dilansir dari healthline.com, potasium dalam bengkoang mampu merelaksasi pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat lebih terkontrol dan tidak melonjak. Selain itu, bengkoang berfungsi juga untuk melancarkan sirkulasi darah karena mengandung zat besi dan tembaga. Kedua zat tersebut sangat penting untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Selain zat besi dan tembaga, kandungan yang tak kalah pentingnya adalah nitrat. Dengan konsumsi nitrat yang terdapat dalam bengkoang, maka sirkulasi darah juga dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, nitrat juga mampu meningkatkan hasil olahraga dengan lebih optimal.

6. Menjaga kesehatan usus.

foto: pexels.com

Bengkoang mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik bagi usus manusia. Mengutip dari Medical News Today, konsumsi bengkoang yang mengandung probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Sehingga bengkoang mampu meningkatkan kesehatan usus dan menjaganya dari potensi terjadinya infeksi maupun penyakit.

7. Menghidrasi tubuh.

foto: pexels.com

Mengutip WebMD, bengoang yang komposisinya terdiri dari 85% air ini dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Dengan demikian, tubuh tidak akan kekurangan kekurangan cairan pada saat cuaca panas maupun setelah olahraga.

8. Mencegah kanker.

foto: pexels.com

Seperti telah disebutkan sebelumnya, antioksidan, selenium, beta-karoten, vitamin C, dan E dalam bengkoang dapat mencegah kanker. Dikutip dari healthline.com, bengkoang yang kaya akan serat ini juga mampu melindungi usus besar dari terjadinya kanker. Kanker usus besar pun dapat dicegah karena bengkoang mengandung serat inulin yang berfungsi melindungi besar dan meningkatkan kekebalan pada usus dari kanker.

9. Dapat menurunkan berat badan.

foto: pexels.com

Bengkoang merupakan salah satu umbi-umbian yang rendah kalori, serta kaya akan air dan serat. Dengan kandungan serat dan air yang tinggi, bengkoang dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Dengan keadaan perut yang kenyang, nafsu makan dapat lebih terkendali dan berat badan dapat lebih terjaga.

Selain itu, bengkoang juga mengandung serat prebiotik inulin yang terbukti mampu menurunkan hormon penyebab rasa lapar, sehingga perut terasa kenyang. Bahkan, serat prebiotik inulin juga memiliki kemampuan menurunkan berat badan secara efektif.

10. Menurunkan kadar gula darah.

foto: pexels.com

Kandungan serat dalam bengkoang memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan kadar gula darah. Bengkoang yang kaya akan serat ini dapat menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu, serat juga dapat berfungsi memperlambat proses pencernaan, sehingga dapat mencegah kadar gula darah yang melonjak setelah makan.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh.

foto: pexels.com

Diatas telah disebutkan bahwa bengkoang mengandung probiotik yang baik bagi usus. Ternyata usus yang kesehatannya terjaga dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengutip Medical News Today, bengkoang juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas.

12. Baik untuk kesehatan mata dan kulit.

foto: pexels.com

Tak hanya menjaga kekebalan tubuh, vitamin C dalam bengkoang juga mampu menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin C dapat menjaga kesehatan mata tetap tajam, serta membuat kulit menjadi sehat dan ternutrisi.

Artikel Asli