Dishub NTB Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

lombokpost | Nasional | Published at 22/07/2021 15:05
Dishub NTB Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

PRAYA-Dinas Perhubungan (Dishub) NTB mulai menyiapkan sarana dan prasarana rekayasa lalu lintas menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah. Termasuk lokasi parkir kendaraan jelang Superbike di sirkuit Mandalika.

Ada tiga pintu masuk yang akan kita siapkan, kata Kepala Dishub NTB H Lalu Mohammad Faozal usai bertemu Wakil Bupati Loteng HM Nursiah, kemarin (21/7).

Yakni pintu masuk dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM); Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Teluk Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut; dan pintu masuk dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Kata dia, rute-rute lalu lintas kendaraan sudah ditentukan. Di setiap rute yang dilalui disiagakan petugas dari tim gabungan. Baik dari unsur dishub, satpol pp maupun TNI/Polri. Para petugas itulah yang mengarahkan kendaraan menuju lokasi parkir.

Itu kita siapkan dua titik, tandas Faozal, didampingi Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi.

Dijelaskan, pertama di wilayah Songgong Desa Sukadana. Di tempat itu mampu menampung kendaraan roda empat, bus, dan roda dua mencapai 1.400 unit. Kedua di areal Masjid Nurul Bilad mampu menampung kendaraan 1.000 unit.

Intinya, kendaraan tidak boleh masuk ke KEK Mandalika. Apalagi lokasi sirkuit, tegas Faozal.

Senada dikatakan Plt Kepala Dinas Budpar Loteng H Lendek Jayadi. Dia menambahkan, seluruh kebutuhan dan kelengkapan menyabut Superbike terus disiapkan. Hal itu tidak saja menjadi tanggung jawab Pemkab Loteng. Tapi, Pemerintah Provinsi NTB bahkan kabupaten/kota lain di Pulau Lombok.

Baik dari unsur transportasi, konsumsi, jalan raya, keamanan, penginapan, kebersihan hingga kesiapan warga, papar Jayadi.

Dia menekankan, intinya Superbike di November mendatang harus berjalan sukses. Karena itu, menjadi gambaran suksesnya MotoGP tahun depan.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (AP) BIZAM Nugroho Jati mengatakan, seluruh pembenahan dan pembangunan sarana, dan prasarana di bandara juga berjalan on the track . Otoritas bandara menargetkan Agustus mendatang sudah beroperasi semua.

Secara umum progres nya sudah diangka 99,5 persen, kata Jati, yang ditemui secara terpisah.

Dia menambahkan, yang pasti otoritas bandara siap menghadapi Superbike dan MotoGP. (dss/r5)

Artikel Asli