Meski Kerap Bergelut dengan Got Kotor, Ini Cara Sederhana Satgas DPUPRPKP Bisa Tetap Sehat

jatimtimes.com | Nasional | Published at 22/07/2021 12:52
Meski Kerap Bergelut dengan Got Kotor, Ini Cara Sederhana Satgas DPUPRPKP Bisa Tetap Sehat

MALANGTIMES - Siapa yang tak tahu Satgas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. Ya, Satgas Drainase atau ada yang menyebut pasukan gorong-gorong ini merupakan pasukan yang kerap kali berkotor-kotor di dalam saluran drainase dalam membersihkan sampah pada saluran drainase.

Namun kendati mereka kerap kali bercampur dengan lumpur kotor, sampah dan dan air got, para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang ini tetap memiliki kesehatan yang terjaga. Hal ini, tentunya berkat kebiasaan-kebiasaan para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang dalam menjaga kesehatan.

Koordinator Satgas DPUPRPKP Kota Malang, Hari Widodo menjelaskan, jika dalam kegiatan menjaga kesehatan, Satgas DPUPRPKP Kota Malang mempunyai cara yang sederhana sama seperti pada umumnya.

"Ya sebenarnya sederhana (cara menjaga kesehatan tim Satgas)," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannnya, jika hal tersebut harus dimulai dari semangat tanpa sambat. Menurutnya, dengan semangat yang dimiliki, ditambah mengerjakan sesuatu dengan ikhlas dan tanpa mengeluh, hal itu turut memperkuat imun.

"Ya termasuk juga berjemur, dengan hati gembira, dan yang penting selalu berfikir positif thinking," jelasnya.

1

Selain itu, dijelaskannya, juga diimbangi dengan ringan serta perbanyak minum air putih serta beristirahat dengan waktu yang cukup, sehingga membuat kondisi tubuh segar dan fit.

"Minum vitamin juga, tapi hanya sesekali, nggak sering kalau saya," ungkapnya.

Dari segi kebersihan, ia juga mengimbau kepada para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang yang jumlahnya sekitar 12 orang, untuk selalu membersihkan diri usai bertugas membersihkan saluran drainase. Memang tak dipungkiri, pada saluran drainase kondisi yang ditemukan begitu kotor dan tentunya banyak kuman yang bersarang pada saluran drainase.

"Teman-teman selalu saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan, menjaga kebersihan diri, mandi hingga bersih agar selalu sehat sehingga bisa melayani masyarakat dengan maksimal. Termasuk peralatan kerja Satgas juga dijaga kebersihannya," paparnya.

Dengan cara sederhana yang selama ini diterapkan, hal itu tak dipungkiri pria yang akrab disapa Benk-benk ini, jika kondisi para personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang terjaga sampai saat ini.

"Alhamdulillah semua teman-teman sehat sampai saat ini. Selain jaga kesehatan, ketika turun ke lapangan, kita juga selalu memakai minimal sepatu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Artikel Asli