Mengenal Perdedaan Masker N95, KN95, dan KF94

ayosemarang | Nasional | Published at 22/07/2021 13:01
Mengenal Perdedaan Masker N95, KN95, dan KF94

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Masker sudah menjadi kebutuhan wajib selama pandemi Covid-19. Ada berbagai jenis masker yang dijual, seperti masker kain, masker medis. Ada pula masker N95, KN95, serta KF94.

Masker N95 sendiri yang banyak digunakan tenaga kesehatan dan garda terdepan penanganan Covid-19.

Lalu, apa perdedaan masker N95, KN95, dan KF94? Mari simak pembahasannya berikut.

Masker N95

Mengutip dari CNet, berikut ini spesifikasi masker N95:

-Masker N95 memiliki kemampuan menyaring butiran aerosol hingga 95% secara umum.

-Kemampuan penyaringan masker medis ini cukup baik, yakni mencapai titik 0,3 mikron.

Tapi bukankah partikel virus Covid-19 memiliki ukuran 0,1 mikron? Benar, hal tersebut bukanlah satu kesalahan. Namun demikian, virus ini sangat jarang bisa keluar dengan sendirinya dari tubuh manusia.

Biasanya virus Covid-19 ini keluar bersama droplet atau butiran air yang muncul saat berbicara, bersin, atau bahkan bernafas. Nah, droplet ini memiliki ukuran 0,3 mikron atau lebih besar, jadi masker N95 bisa membantu mengurangi dan meminimalisir resiko penularan virus tersebut.

Masker N95 sendiri sebenarnya lebih direkomendasikan untuk tenaga kesehatan dan mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Hal ini karena jenis masker medis ini bisa sangat membantu mengurangi droplet yang keluar, sehingga meminimalisir resiko penularan.

Kegunaan N95 bagi orang yang sehat, akan mengurangi resiko menghirup droplet yang mengandung virus. Sementara bagi yang terjangkit, bisa membantu mencegah penularan melalui droplet.

Maka dari itu, penggunanya biasanya mudah ditemui di rumah sakit, para relawan, atau penderita Covid-19 yang masih berstatus kasus aktif.

Masker N95 sendiri dilengkapi dengan ikat kepala yang elastis sehingga menunjang penggunaan dalam waktu yang lama. Selain itu, bagian depannya juga dilengkapi segel logam yang bisa membantu menyesuaikan bentuk hidung, sehingga bisa tertutup rapat.

Masker KN95

Spesifikasi masker KN95 hampir sama seperti masker N95.

-Masker KN95 disebut mampu menyaring partikel aerosol sampai 95%.

-Bentuk masker KN95 dirancang mirip tenda, sehingga ada sedikit kantong udara antara hidung dan masker.

Dengan adanya jarak antara mulut, hidung dan lapisan masker, membuat pengguna KN95 dapat leluasa bernafas.

Masker KN95 disebut lebih protektif dan praktis dibandingkan masker bedah biasa atau masker kain tiga lapis. Walaupun begitu sejumlah otoritas kesehatan menganggap masker ini tidak seefektif masker N95.

Masker KF94

Spesifikasi masker KF94 bisa dibilang tingkat filtrasinya di bawah masker N95 dan masker KN95.

-Masker KF94 diklaim mampu menyaring partikel aerosol sampai 94% hingga ukuran 0,3 mikron

-Masker KF94 dapat digunakan masyarakat umum, terutama saat berada di lingkungan berisiko penularan rendah sampai sedang.

-Jenis masker ini dilengkapi fitur pengait telinga, kawat di atas tulang hidung yang bisa disesuaikan, dan bagian samping masker yang lebih rapat.

Istilah KF dalam masker KF94 adalah singkatan dari Korean filter. Sementara angka 94 mengacu pada tingkat filtrasi atau penyaringannya. Menurut standar Korea Selatan atau di negara asalnya, masker ini bisa menyaring 94 persen partikel hingga ukuran 0,3 mikron.

Jenis masker ini juga lebih praktis dan tetap dapat menjaga pemakainya dari paparan virus. Masker KF94 juga lebih banyak ditemukan di pasaran.

tu tadi sedikit pengetahuan mengenai apa itu masker N95 yang banyak digunakan tenaga kesehatan dan relawan di garda terdepan. Serta terjawab sudah, beda masker N95 dengan KN95 dan KF94. Semoga berguna, dan selalu terapkan protokol kesehatan secara ketat untuk membantu upaya penyelesaian pandemi Covid-19 di Indonesia!

Artikel Asli