Ingin Lebih Jangkau Masyarakat, Pemkot Semarang akan Gunakan Kelurahan untuk Vaksinasi

ayosemarang | Nasional | Published at 22/07/2021 11:51
Ingin Lebih Jangkau Masyarakat, Pemkot Semarang akan Gunakan Kelurahan untuk Vaksinasi

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Vaksinasi di Kota Semarang terus digencarkan. Sentra vaksinasi juga terus ditambah di beberapa titik agar bisa lebih menjangkau semua masyarakat. Bahkan bala bantuan pasokan vaksin juga terus berdatangan.

Meski demikian, upaya vaksinasi tadi belum cukup. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menyampaikan keterangan pers pada Rabu 21 Juli 2021 di kantornya menyampaikan jika Pemerintah Kota Semarang akan menggunakan strategi baru dalam penyaluran vaksin.

Besok kami akan mulai strategi baru percepatan vaksin. Kami akan masuk dari kelurahan ke kelurahan, ujar Hendrar Prihadi yang lebih sering disapa dengan Hendi.

Lebih jauh Hendi memaparkan jika vaksinasi di kelurahan ini nantinya akan mengkover 37 puskesmas yang ada. Sebab setelah dilakukan evaluasi vaksinasi yang bisa dilakukan di puskesmas masih sangat kecil.

Untuk itu dengan menggandeng TNI-Polri Pemerintah Kota Semarang akan menyasar kelurahan. Untuk sasaran pertama, keluar yang akan dituju adalah Srondol Wetan, Srondol Kulon, Pundak Payung, lalu Kelurahan dan Kecamatan Banyumanik. Daftar kelurahan itu dipilih karena angka penderitanya cukup tinggi.

Jadi kita akan habiskan 1-2 minggu untuk warga sekitar agar mereka bisa cepat tervaksin di aula kelurahan masing-masing. Kami akan cek dulu 500 orang, jadi perjam bisa 100 orang, jelas Hendi.

Jika strategi ke kelurahan ini memungkinkan dan tidak menimbulkan kerumunan maka kata Hendi ke depan akan ditambah lagi. Jika nantinya 4 kelurahan tadi bisa diselesaikan dengan baik, vaksinasi akan bergeser ke keluarahan lain yang angka penderitanya tinggi.

Sehingga harapannya akan muncul herd immunity yg sangat cepat di Kota Semarang, tambahnya.

Kemudian untuk vaksinasi pelajar sampai saat ini memang terus berjalan. Setelah kemarin dilakukan di SMAN 1, SMAN 3 dan SMP 3 Semarang pada 21 Juli 2021 lalu ditambah di SMP 1.

Hendi meminta kepada orang tua murid untuk bersabar sebab tahapannya harus per sekolah. Nantinya setiap sekolah akan didatangi oleh tim vaksinator. Jadi nantinya semua sekolah akan mendapat giliran.

Target kita 2 bulan sudah selesai. pendaftaran dari sekolah. koordinasi disdik dan dinkes, sama dari TNI Polri, jelas Hendi.

Sementara untuk sejauh ini jumlah vaksin yang dimiliki oleh Kota Semarang berdasarkan data yang disampaikan oleh Hendi adalah sebanyak 665 ribu untuk V1, kemudian untuk V2 sebanyak 228 ribu. Ketersediaan vaksin ini kata Hendi juga berkat bantuan dari TNI-Polri.

Sekali lagi terima kasih kepada Pangdam 4 Diponegoro, Kapolda lewat teman-teman yg ada di Polrestabes dan Kodim. Mereka sangat care dengan Kota Semarang termasuk dengan memberikan kuota vaksin, pungkas Hendi.

Artikel Asli