Warga India yang Kabur dari Tempat Isolasi di Mataram Berhasil Ditangkap

lombokpost | Nasional | Published at 22/07/2021 10:14
Warga India yang Kabur dari Tempat Isolasi di Mataram Berhasil Ditangkap

MATARAM -Seorang warga India bernama Patel Sagar Sureshbhai yang dinyatakan positif Covid-19 kabur dari tempat karantina di Hotel Nutana, Mataram, akhir pekan lalu. Namun, pria kelahiran 30 Oktober 1990 itu berhasil ditangkap saat berupaya kabur ke Bali.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, Patel terjaring saat hendak menyeberang ke Bali menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Bangsal, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Senin (19/7) lalu. Saat hendak menyeberang, Patel memberikan surat hasil tes swab PCR ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram wilayah kerja Pemenang. Petugas yang mendapatkan Patel langsung berkoordinasi dengan PKSE (Pengendalian Karantina dan Suveilans Epidemiologi) KKP kelas II Mataram untuk menahan Patel, ujarnya.

Awalnya, Patel diminta menjalani isolasi mandiri di Hotel Medana Bay Marina Lombok. Tetapi dia menolak. Lalu dikarantina di Hotel Holiday Resort Senggigi, Lombok Barat, Selasa (20/7), jelasnya.

Artanto mengatakan, Satgas Covid-19 telah menjemput Patel Sagar dari lokasi karantina. Penjemputannya dikawal ketat Satgas Covid-19. Tadi siang, kita jemput untuk dibawa ke RSUD Provinsi NTB untuk mendapatkan penanganan sesuai protokol kesehatan, bebernya.

Berdasarkan laporan, Patel Sagar dalam keadaan sehat. Dia tidak memiliki gejala sakit. Tetapi, kita perlu antisipasi adanya penularan yang dilakukan warga India itu, kata dia.

Tim Satgas Covid-19 akan melakukan tracing dan memetakan dengan siapa saja Patel Sagar pernah kontak. Kalau tracing pasti dilakukan. Tetapi itu sudah menjadi wewenang tim Satgas, jelasnya.

Yang pasti, pihak kepolisian tetap akan mengawal proses tracingnya. Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih meluas. Saya minta masyarakat untuk tetap waspada. Patuhi protokol kesehatan, imbaunya. (arl/r1)

Artikel Asli