Warung Sampai Warteg Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta Dari Pemerintah Akibat Berlakunya PPKM Level 4

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 22/07/2021 09:56
Warung Sampai Warteg Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta Dari Pemerintah Akibat Berlakunya PPKM Level 4

Kabar gembira untuk pelaku usaha warung hingga warung nasi (warteg) di tengah berlakunya PPKM level 4, karena Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto memastikan adanya insentif untuk para pelaku usaha super mikro ini.

Menko Bidang Perekonomian mengatakan, ada sebanyak 1 juta pelaku usaha dari mulai warung hingga warteg yang akan mendapatkan insentif dengan besaran Rp 1,2 juta.

"Insentif usaha mikro yang Rp 1,2 juta ini untuk 1 juta usaha mikro kecil. Antara lain warung, warteg kemudian juga terkait PKL," jelas Airlangga dalam virtual conference, Rabu (21/7).

Penyaluran insentif ini, kata Airlangga, nantinya bakal dilaksanakan oleh TNI juga Polri. Airlangga belum menjelaskan berapa kali bantuan ini akan diberikan. Saat ini pemerintah masih mengatur mekanisme yang berisi prosedur dan petunjuk teknis program.

"Warung juga warteg diatur nanti mekanismenya dalam pedoman umum dan petunjuk teknis. Penyaluran ini oleh TNI, Polri didampingi Kemenkeu dan BPKP," Lanjutnya.

Demikian, dalam kebijakan PPKM Level 4 ini juga ada kebijakan insentif BPUM untuk sebanyak 3 juta UMKM. Bantuan ini diberikan dengan nominal yang sama yaitu sebesar Rp 1,2 juta.

Airlangga menerangkan, penyaluran program yang satu ini bakal dieksekusi oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Secara akumulatif, total tambahan insentif dalam rangka jaring pengamanan sosial ini mencapai Rp 55 triliun.

"Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 55,21 triliun di mana ini nanti terkait penambahan program, yaitu sembako, listrik, subsidi internet, Prakerja, selain itu insentif usaha mikro," tutupnya Airlangga.

Artikel Asli